SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2008

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

. Studi tentang Pengetahuan, Persepsi, dan Sikap Siswa terhadap Implementasi Layanan Bimbingan dan Konseling di Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang

Supriyanto .

Abstrak


ABSTRAK

 

 

 

Supriyanto, 2008 . Studi tentang Pengetahuan, Persepsi, dan Sikap Siswa terhadap Implementasi  Layanan Bimbingan dan Konseling di Madrasah Aliyah Negeri  3  Malang. Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi  FIP  Universitas  Negeri Malang. Pembimbing:(I) Drs. H. Widada, M.Si., (II) Dra. Ella Faridati Zen, M.Pd.

 

 

Kata kunci: pengetahuan, persepsi, sikap, layanan bimbingan konseling

 

Peranan bimbingan dan  konseling dalam pendidikan dan pengajaran bermutu di sekolah merupakan pendukung dalam meningkatkan efisiensi dan suasana kondusif, serta mengembangkan pendidikan dan pengajaran di sekolah. Untuk melaksanakan layanan bimbingan dan konseling secara berkualitas, maka seorang konselor harus mengetahui pengetahuan, persepsi, dan sikap siswa terhadap layanan bimbingan dan konseling

Dalam penelitian ini bermaksud untuk mengetahui bagaimana pengetahuan yang dimiliki  siswa tentang  pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di sekolah, bagaimana persepsi yang dimiliki siswa tentang pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di sekolah, dan bagaimana sikap yang dimiliki siswa tentang pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di sekolah.  

Penelitian ini dilakukan terhadap siswa Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang dengan mengambil sampel sebanyak 72  responden mewakili  316 siswa di kelas XI di lingkungan Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang. Rancangan penelitian  ini  jenis penelitian deskriptif  dengan  menggunakan angket sebagai alat pengumpul data dan informasi penting dari responden.

Temuan dalam penelitian ini menunjukkan siswa memiliki pemahaman dengan klasifikasi banyak   terhadap layanan bimbingan dan konseling, dan mempersepsikan cukup banyak terhadap keterlaksanaan dan kemanfaatan layanan bimbingan dan konseling, dan siswa bersikap positif terhadap pelaksanaan layanan bimbingan dan  konseling di sekolah. Dengan kata lain pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling oleh konselor di sekolah menurut pengetahuan, persepsi, dan sikap siswa sudah mencapai tingkat layanan bimbingan yang diharapkan yang sesuai dengan tujuan yang dicantumkan dalam program bimbingan konseling di Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang.

Untuk meningkatkan mutu layanan program bimbingan dan konseling, penting bagi konselor untuk dapat memberikan/mensosialisasiakan pemahaman yang benar tentang layanan bimbingan dan konseling serta disesuaikan dengan kebutuhan/karakteristik siswa di sekolah. Dalam Penelitian ini terbuka kemungkinan untuk mengadakan penelitian lanjutan agar lebih banyak ha-hal yang dapat diungkapkan dan dikembangkan. Hal ini akan berguna sebagai bahan masukan dan pertimbangan dalam mengembangkan program layanan bimbingan konseling di sekolah dalam rangka membantu siswa mengembangkan aspek-aspek intelektual, moral, sosial, kognitif dan emosional, serta mengembangkan potensi individu secara optimal, harmonis, dan bermakna sehingga siswa mandiri, kreatif, produktif, dan religius.

 


Teks Penuh: DOC PDF