SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN ANTARA BODY IMAGE (CITRA TUBUH) DENGAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWI KELAS X SMK NEGERI 3 MALANG

Romida Untari

Abstrak


ABSTRAK

 

Untari, Romida. 2009. Hubungan antara Body Image (citra tubuh) dengan Keterampilan Sosial Siswi Kelas X SMK Negeri 3 Malang. Skripsi, Program studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Dr. M. Ramli, M.A. (II) Dra. Henny Indreswari, M.Pd.

 

Kata kunci : body image (citra tubuh), keterampilan sosial.

 

Citra tubuh merupakan persepsi atau penilaian subyektif individu mengenai karakteristik dan seluruh penampilan tubuh. Citra tubuh positif yaitu perasaan puas (menerima) keadaan fisik diri sendiri, sebaliknya jika perasaan tidak puas dan menilai buruk keadaan fisik diri sendiri dan memiliki perasaan rendah diri disebut citra tubuh negatif. Keterampilan sosial yaitu kemampuan individu untuk berinteraksi dengan orang lain yang bertujuan untuk mengembangkan hubungan sosial yang tidak merugikan orang lain serta dapat diterima oleh masyarakat.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan citra tubuh siswi SMK Negeri 3 Malang, (2) mendiskripsikan keterampilan sosial siswi SMK Negeri 3 Malang, dan (3) mengetahui hubungan antara citra tubuh dan keterampilan sosial pada siswi SMK Negeri 3 Malang.

Populasi berjumlah 318 siswi dan sampel penelitian berjumlah 177 siswi. Teknik yang digunakan untuk mengambil sampel adalah teknik proportional random sampling. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan korelasi product moment menggunakan program SPSS versi 15.0 for windows. Penelitian ini dilakukan dengan desain deskriptif-korelasional.

Uji validitas item menggunakan teknik validitas internal. Rentangan validitas skala citra tubuh 0.364 - 0.744, skala keterampilan sosial 0.372 - 0.769. Uji reliabilitas item menggunakan Alpha Cronbach. Reliabilitas skala citra tubuh sebesar α =  0.936, reliabilitas keterampilan sosial sebesar α =  0.894.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) banyak siswi SMK Negeri 3 Malang (78%) yang memiliki citra tubuh positif, (2) cukup banyak siswi SMK Negeri 3 (53%) Malang memiliki keterampilan sosial tinggi, dan (3) terdapat hubungan positif yang signifikan antara citra tubuh dan keterampilan sosial pada siswi SMK Negeri 3 Malang, yang berarti semakin positif citra tubuh, semakin tinggi keterampilan sosial (rxy =  0.313 dan P = 0.000 < 0.05).

Berdasarkan hasil penelitian disarankan (1) bagi konselor, agar bisa memberikan layanan informasi dalam berbagai model seperti bimbingan kelompok, melalui berbagai permainan yang mengarah pada pemahaman citra tubuh positif, menginformasikan kepada orang tua hal yang berkaitan dengan citra tubuh positif serta menghimbau untuk turut serta membantu menumbuhkan dan memelihara citra tubuh positif pada putra-putri mereka (2) bagi peneliti lain, diharapkan dapat memperluas subyek penelitian (tidak hanya remaja putri yang diteliti namun juga remaja putra) dan memperhatikan variabel lain untuk memperbesar sumbangan variabel citra tubuh dalam menjelaskan fenomena yang akan diteliti.


Teks Penuh: DOC PDF