SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2007

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan antara Pola Asuh Orang Tua dengan Penyesuaian Sosial Siswa SMA Negeri Se-Kota Blitar

Asri Kartika Layalia

Abstrak


ABSTRAK

 

Kartika Layalia, Asri. 2007. Hubungan antara Pola Asuh Orang Tua dengan Penyesuaian Sosial Siswa SMA Negeri Se-Kota Blitar. Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi, Program Studi S1 Bimbingan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Iksan Suwandi M.Pd, (2) Dra. Ella Faridati Zen M.Pd.

 

Kata kunci: Pola Asuh Orang Tua, Penyesuaian Sosial, Remaja.

 

Masa remaja merupakan suatu masa kehidupan yang kegiatan sosialnya banyak dilakukan di luar rumah dengan teman sebaya. Penyesuaian sosial remaja merupakan hal yang dianggap sulit karena banyak faktor yang dapat mempengaruhinya. Setelah individu memasuki usia remaja yang pengaruh teman sebaya, kemajuan jaman, dan gaya hidup mempunyai pengaruh kuat pada penyesuaian sosial mereka, apakah pola asuh orang tua masih mempunyai peranan dalam penyesuaian sosial remaja?

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua dengan penyesuaian sosial siswa SMA Negeri se-kota Blitar. Secara khusus bertujuan untuk mengetahui gambaran pola asuh orang tua siswa SMA Negeri se-kota Blitar, gambaran penyesuaian sosialnya, dan untuk mengetahui hubungan masing-masing pola asuh otoriter, demokratis dan permisif dengan penyesuaian sosial siswa SMA Negeri se-kota Blitar.

Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif korelasional, menghubungkan pola asuh orang tua sebagai variabel bebas dan penyesuaian sosial sebagai variabel terikat. Sampel penelitian diambil dengan teknik area probability proporsional random sampling. Data dikumpulkan dengan teknik angket. Teknik analisis statistik yang digunakan ada dua yaitu analisis deskriptif dengan persentase untuk menggambarkan pola asuh orang tua dan penyesuaian sosial dan analisis dengan regresi ganda untuk menguji hipotesis penelitian.

Gambaran pola asuh yang digunakan oleh orang tua siswa SMA Negeri se-kota Blitar menunjukkan sedikit yang menggunakan pola asuh demokratis (40%), sedikit menggunakan pola asuh otoriter (31,11%) dan sedikit pula yang menggunakan pola asuh permisif (28,89%). Jika dilihat pada setiap pola asuh yang digunakan, menunjukkan bahwa pada pola asuh otoriter, secara umum orang tua kurang otoriter (78,88%). Pada pola asuh demokratis, dapat dikatakan pada umumnya orang tua menggunakan pola asuh demokratis, sebab 39,44% cukup demokratis dan 90% sangat demokratis. Sedangkan pada pola asuh permisif, menunjukkan cukup banyak orang tua menggunakan pola asuh yang kurang permisif (57,22%).

Secara umum, siswa SMA Negeri se-kota Blitar dapat mengadakan penyesuaian sosial. Hal ini terjadi pada 59,44% siswa mengadakan penyesuaian sosial yang cukup dan 40,56% siswa mengadakan penyesuaian sosial yang baik, dan tidak ada satupun siswa yang tergolong dalam penyesuaian sosial kurang.

Hasil penghitungan dengan analisis regresi ganda menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara pola asuh otoriter, demokratis dan permisif secara bersama-sama dengan penyesuaian sosial (sig=0,0000,05), pola asuh demokratis memiliki hubungan yang signifikan dengan penyesuaian sosial (sig=0,000


Teks Penuh: DOC PDF