SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

EfektivitasTeknik Assertive Training untukMeningkatkanKeterampilanKomunikasi Interpersonal Siswa SMPN 15 Malang.

siti fathimah .

Abstrak


ABSTRAK

 

Fathimah, Siti. 2015. Efektivitas Teknik Assertive Training untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa SMPN 15 Malang. Skripsi, Jurusan Bimbingandan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Djoko Budi Santoso, M.Pd, (2) Dr. Carolina L. Radjah, M.Kes.

 

Kata Kunci: assertive training, komunikasi interpersonal, siswa SMP

Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) merupakan masa remaja awal dimanater dapat perubahan dari ketergantungan menuju kemandirian. Usaha agar bisamasuk dalam suatu kelompok teman sebaya seringkali menimbulkan resiko yang berdampak negative dan menimbulkan kecemasan seperti takut menolak ajakan teman, takut menyampaikan ide dan  hak-hak irinya, menjadi tertutup, dan tidak menggunakan bahasa yang baik ketika berkomunikasi dengan orang lain. Keterampilan komunikasi interpersonal akan membantu para remaja ini untuk meraih sebuah penerimaan oleh teman sebaya tanpa merugikan diri sendiri maupun orang lain. Melalui salahsatu metode bimbingan dan konseling yaitu konseling kelompok menggunakan teknik assertive training para remaja dibantu untuk mengatasi krisis ketegasan diri yaitu kesulitan untuk  berkata “tidak”, diganggu kecemasannya, sulit mengekspreiskan diri dan sulit menyampaikan keinginannya secara terbuka.

Tujuan penelitian untuk mengetahui keefektifan teknik assertive training untuk meningkatkan keterampilan komunikasi siswa SMP. Jenis rancangan penelitian eksperimen yang digunakan dalam penelitianadalahOne-Group Pretest-Posttest Design.Subjek penelitian adalah enam siswa yang terdiri dari tiga siswa laki-laki dan tiga siswa perempuan kelas VII SMP. Pengumpulan data menggunakan instrument angket dengan menggunakan skala perilaku keterampilan komunikasi interpersonal siswa SMP yang diberikansebelum perlakuan (pretest) dan setelah diberikan perlakuan (posttest).

Dari hasil pengujian hipotesis diketahui nilai Z= -2.201adannilaiAsymp. Sig. (2-Tailed) menunjukkan 0,028 < 0,05, makadapatdisimpulkanbahwa  assertive training efektif untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa SMP.

Darihasilpenelitianterdapatbeberapa saran bagikonseloryaitukonselordiharapkanmenggunakanteknikassertive training yang telahditelitiolehpenelitiuntukmengurangimasalahketerampilankomunikasi interpersonal siswa yang rendah, bagisiswadiharapkansiswamampumemanfaatkandanmengaplikasikanteknikassertive traininguntukmeningkatkanketerampilankomunikasi interpersonal, bagipenelitiselanjutnyadiharapkandapatmenggunakankelompokkontrolsebagaipembandingdengankelompokeksperimen.Penelitijugabisamenggunakanvariabel lain yang mempengaruhipeningkatanketerampilankomunikasi interpersonal.