SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2008

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan antara Konsep Diri dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMU Negeri 2 Batu.

Martsel Mulya Jaya

Abstrak


i
ABSTRAK
Jaya,Martsel.Mulya. 2008. Hubungan antara Konsep Diri dan Prestasi Belajar
Siswa Kelas XI SMU Negeri 2 Batu. Skripsi, Program Studi Psikologi
Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan,
Universitas Negeri Malang.
Pembimbing I, Drs. Moh.Irtadji. M.Si. Pembimbing II Drs. H.M. Bisri,
M.Si
Kata kunci: Konsep diri, prestasi belajar
Konsep diri berkembang pada masa remaja, yakni rentangan antara usia
13-17 tahun. Pada masa ini individu berusaha mencari identitas dirinya dan
mencari kedudukan dirinya di lingkungan. Sekolah merupakan salah satu lembaga
pendidikan formal yang didirikan oleh dan untuk masyarakat yang dikelola oleh
piranti pendidikan. Dalam sekolah setiap siswa pasti mengharapkan prestasi
belajar yang maksimal. Keberhasilan siswa dalam sekolah ditunjukkan dengan
prestasi belajar. Kemampuan masing-masing individu dalam memperoleh prestasi
akademik yang baik, salah satunya dipengaruhi oleh kemampuan siswa dalam
memandang seberapa pentingkah dirinya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) konsep diri siswa kelas XI,
(2) prestasi belajar siswa kelas XI, (3) hubungan antara konsep diri dengan
prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 2 Batu.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan korelasional.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMU Negeri 2 Batu.
Sejumlah 270 siswa, menggunakan teknik cluster random sampling dengan
sampel penelitian sebanyak 90 siswa. Instrumen yang digunakan adalah skala
konsep diri. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan
analisis korelasional. Penelitian dilakukan bulan November sampai dengan
Desember 2007.
Berdasarkan hasil penelitian ini, konsep diri siswa kelas XI SMU Negeri 2
Batu pada umumnya termasuk dalam kategori sedang sebanyak 64 siswa.
Sedangkan yang memiliki konsep diri tinggi sebanyak 15 orang, dan sisanya
berjumlah 11 orang termasuk kedalam kategori rendah dengan mean sebesar
94,26.
Prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 2 Batu pada umumnya masuk
dalam kategori sedang. Dari 90 subyek penelitian ditemukan 60 siswa termasuk
kategori sedang. Sedangkan yang memiliki prestasi belajar tinggi sebanyak 19
siswa. Serta yang masuk kedalam kategori rendah sebanyak 11 orang dengan
mean sebesar 1006,36.
Diketahui ada hubungan positif antara konsep diri dengan prestasi belajar
dengan taraf sigifikansi r = 0,470. Apabila diadakan penelitian lanjutan mengenai
topik ini, maka disarankan untuk lebih cermat dalam memilih populasi dan
sampel.

Teks Penuh: DOC PDF