SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2007

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan antara Motivasi Berprestasi dan Adversity Quotient dengan Kinerja Karyawan PT. Pos Indonesia (PERSERO) Malang

Anita Fatimah

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Fatimah, Anita. 2007. Hubungan antara Motivasi Berprestasi dan Adversity Quotient dengan Kinerja Karyawan PT. Pos Indonesia (PERSERO) Malang. Skripsi Program Studi Psikologi jurusan bimbingan koseling dan psikolog Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sri Weni Utami M.Si, Pembimbing (II) Diantini Ida Viatrie, M.Psi.

 

Kata kunci Motivasi Berprestasi, Adversity Quotient, Kinerja.

 

Tumbuh dan berkembangnya perusahaan bergantung pada sumber daya manusia. Hal ini dapat dilihat dari hasil kinerja karyawan perusahaan sebagai penentu pada aspek-aspek yang lain. Kinerja karyawan merupakan faktor penting untuk menjalankan sebuah sistem dalam perusahaan. Melihat begitu pentingnya kinerja bagi kelangsungan produksi maka perusahaan bersedia melakukan berbagai usaha untuk meningkatkan kinerja karyawan Dalam peningkatan kinerja karyawan untuk perbaikan kualitas perusahaan, diperlukan kemampuan diantaranya kemampuan mengubah hambatan menjadi peluang (Adversity Quotient) dan motivasi berprestasi untuk melakukan perubahan dan perbaikan secara terus menerus dalam meletakkan fondasi yang kuat  agar perusahaan tetap eksis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Motivasi Berprestasi dan Adversity Quotient dengan Kinerja Karyawan

Penelitian ini dilakukan di Kantor Pos Pusat Malang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PT. Pos Indonesia (PERSERO) Malang sebanyak 134 dengan sampel sebanyak 50 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive Sampling. Jenis instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa skala motivasi berprestasi, angket adversity quotient dan skala kinerja dengan menggunaka model penskalaan likert. Analisis deskriptif menggunakan kategori tingkatan harga mean dan standar deviasi. Analisis korelasional menggunakan kategori teknik analisis korelasi product moment dan  regresi dengan taraf signifikansi 5%.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi berprestasi karyawan PT. Pos Indonesia Malang kategori tinggi sebanyak 7 orang (14%), 39 orang (78 %) dalam kategori sedang, dan sebanyak 4 orang (8%) dalam kategori rendah. Adversity quotient karyawan PT. Pos Indonesia Malang dalam kategori tinggi sebanyak 8 orang (16%), sebanyak 34 orang (32 %) dalam kategori sedang, dan sebanyak 8 orang (16%) dalam kategori rendah. Sedangkan kinerja karyawan PT. Pos Indonesia Malang dalam kategori tinggi sebanyak 3 orang (6%), sebanyak 39 orang (78 %) dalam kategori sedang, dan sebanyak 8 orang (16%) dalam kategori rendah. Terdapat hubungan positif antara motivasi berprestasi dengan kinerja (r = 0.586), Terdapat hubungan positif antara adversity quotient dengan kinerja (r = 0.620) dan terdapat hubungan positif antara motivasi berprestasi dan adversity quotient dengan kinerja (R = 0,739) dan Uji F = 28,343 (p = 0,000 < 0,05)

Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan karyawan PT. Pos Indonesia Malang sebaiknya memiliki inisiatif sendiri untuk memperbaiki Motivasi berprestasi dan meningkatkan adversity quotient, sebisa mungkin mengantisipasi adanya kelalaian dari perusahaan tentang kebijakan yang diterapkan. Untuk Perusahaan perlu memikirkan perencanaan  yang menyeluruh terhadap pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

 

 


Teks Penuh: DOC PDF