SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perbedaan Keterampilan Pengelolaan Diri Antara Siswa Kelas Akselerasi Dan Siswa Kelas Reguler Di SMA Negeri Se-Kota Malang

Johan Teguh Prasetyo

Abstrak


ABSTRAK

 

Prasetyo, Johan Teguh. 2014. Perbedaan Keterampilan pengelolaan diri antara Siswa  Kelas Akselerasi dan Siswa Kelas Reguler di SMA Negeri se-Kota Malang. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Dany M. Handarini, M. A. (II) Drs. Lutfi Fauzan, M. Pd.

 

Kata Kunci : Keterampilan pengelolaan diri, Akselerasi, Reguler.

 

Keterampilan pengelolaan diri (keterampilan pengelolaan diri) merupakan aktivitas yang berorientasi pada keteraturan dan kedisiplinan diri. Dalam hal ini apabila diterapkan pada siswa berarti merupakan strategi yang digunakan siswa dalam mengatur dan mengontrol cara belajarnya dan untuk mencegah datangnya faktor-faktor penghambat dalam belajar. Banyak hal yang mempengaruhi keterampilan pengelolaan diri siswa salah satunya adalah model pembelajaran kelas akselerasi dan kelas reguler. Akselerasi adalah salah satu bentuk pelaksanaan pendidikan khusus untuk anak berbakat dengan cara mempersingkat waktu dalam menyelesaikan bahan pelajaran sesuai dengan kemampuan istimewa yang mereka miliki. Program reguler adalah program pendidikan dengan masa belajar normal yaitu tiga tahun.

Penelitian ini menggunakan model deskriptif komparatif yaitu penelitian yang mendeskripsikan perbandingan dua kelompok data. Metode yang dilakukan untuk mengetahui perbedaan keterampilan pengelolaan diri siswa akselerasi dan siswa reguler adalah dengan menggunakan uji Independent Sample t-test. Dari hasil uji t diketahui bahwa terdapat perbedaan keterampilan pengelolaan diri antara siswa akselerasi dan siswa reguler dengan Sig. 2 tailed 0,000