SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan antara Perkembangan Emosi dan Penyesuaian Sosial Siswa pada SD Negeri Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar.

Emi Retnasih

Abstrak


ABSTRAK

 

 Retnasih, Emi. 2009. Hubungan antara Perkembangan Emosi dan Penyesuaian Sosial Siswa pada SD Negeri Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar. Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra Ella Faridati Zen, M. Pd. (2) Drs. Harmiyanto.

 

Kata Kunci: Perkembangan Emosi, Penyesuaian Sosial.

 

Emosi merupakan salah satu aspek terpenting dalam kehidupan, yang mendorong manusia untuk berperilaku, berkarya, dan berinteraksi sosial. Emosi secara alami dimiliki manusia sejak hari-hari pertama kehidupannya, yang kemudian berkembang secara bertahap seiring dengan bertambahnya usia dan semakin meluasnya hubungan sosial yang dimilikinya. Tahap mendasar dalam perkembangan emosi adalah fase usia kanak-kanak. Pada fase ini anak mulai belajar untuk mengeksprsesikan dan mengendalikan emosi yang dapat diterima oleh lingkungan sosialnya. Maka dari itu emosi mempunyai peranan yang sangat penting dalam penyesuaian sosial anak  (Hurlock,1998).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Gambaran perkembangan emosi siswa SD Negeri Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar, (2) Gambaran penyesuaian sosial siswa SD Negeri Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar, (3) Hubungan antara perkembangan emosi dan penyesuaian sosial siswa SD Negeri Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar.

Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional. Populasi penelitian adalah siswa SD Negeri Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan tiga macam teknik, yaitu untuk pengambilan gugus menggunakan teknik area probability sample, pengambilan sampel sekolah menggunakan teknik random sampling, pengambilan sampel kelas menggunakan teknik purposive sampling. Subyek penelitian ini berjumlah 159 siswa. Instrumen penelitian menggunakan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis persentase, rerata dan product moment.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa SD Negeri Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar memiliki perkembangan emosi yang masuk pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 93,1% dan sisanya sebesar 6,9% masuk pada kategori sangat tinggi. Untuk penyesuaian sosial, sebagian besar siswa SD Negeri Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar memiliki penyesuaian sosial yang masuk pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 65,4% dan sisanya sebesar 34,6%  masuk pada kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil korelasi product moment diketahui koefisien korelasi sebesar 0,658 dengan (P) = 0,000 < 0,05. Hal ini berarti ada hubungan yang signifikan antara perkembangan emosi dan penyesuaian sosial pada siswa SD Negeri Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar dengan taraf signifikasi 0,05.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat dikemukakan saran-saran sebagai berikut: (1) Bagi Kepala Sekolah: dalam menetapkan kebijakan-kebijakan akademik, hendaknya Kepala Sekolah tetap memperhatikan karakteristik perkembangan siswa, termasuk perkembangan sosial dan emosional siswa. (2) Bagi guru: dalam menjalankan tugasnya sebaiknya guru tetap memperhatikan karakteristik perkembangan siswa, termasuk perkembangan sosial dan emosional siswa untuk menunjang kelancaran kegiatan belajar mengajar di sekolah (3)  Bagi Peneliti lanjutan: kalaupun ada peneliti lain yang tertarik dengan penelitian yang sejenis sebaiknya indikator penelitiannya diperluas.

 


Teks Penuh: DOC PDF