SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan antara kebutuhan informasi karier dan arah pilihan pendidikan lanjutan dengan arah pilihan pekerjaan siswa kelas II SMAN XI Malang

Kismunaji .

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Kismunaji. 2009. Hubungan antara kebutuhan informasi karier dan arah pilihan pendidikan lanjutan dengan arah pilihan pekerjaan siswa kelas II SMAN XI Malang. Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Harmiyanto, (II) Drs. Hariadi Kusumo.

 

Kata kunci: kebutuhan, informasi karier, pilihan pendidikan lanjutan, pilihan pekerjaan

 

            Layanan informasi karier sangat penting untuk diberikan kepada siswa karena siswa sangat membutuhkan informasi karier khususnya informasi pendidikan lanjutan dan informasi pekerjaan. Siswa akan banyak mendapatkan banyak pertimbangan dalam merencanakan dan mengambil keputusan karier jika mendapatkan informasi yang sebanyak-banyaknya. Informasi yang diberikan juga harus mengena sesuai dengan kebutuhan siswa tidak hanya bertumpu kepada proporsi banyaknya informasi karier.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui, (1) kebutuhan informasi karier siswa, (2) kecenderungan arah pilihan pendidikan lanjutan siswa kelas, (3) kecenderungan arah pilihan pekerjaan siswa, (4) hubungan antara kebutuhan informasi karier dengan arah pilihan pekerjaan, (5) hubungan antara arah pilihan pendidikan lanjutan dengan arah pilihan pekerjaan, (6) hubungan antara kebutuhan informasi karier dan arah pilihan pendidikan lanjutan dengan arah pilihan pekerjaan.

            Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif dan korelatif. Sampel penelitian ini bersifat sampel total, sampel yang diambil berdasarkan dari jumlah keseluruhan populasi karena jumlah populasi kurang dari 100 yaitu hanya 97 siswa. sampel kelas II SMAN XI Malang. Dalam penyimpulan data, penelitian ini menggunakan instrumen angket. Analisis yang digunakan adalah persentase dan  analisis regresi linier ganda menggunakan program SPSS versi 11.5. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: siswa banyak yang membutuhkan informasi karier. Siswa banyak memilih melanjutkan di perguruan tinggi negeri dan mengambil jurusan dibidang eksakta. Siswa banyak memilih bekerja menjadi PNS karena dengan pertimbangan gaji dan kesejahteraan. Ada hubungan positif yang signifikan antara kebutuhan  informasi karier dengan arah pilihan pekerjaan siswa. Ada hubungan positif yang signifikan antara arah pilihan pendidikan lanjutan dengan arah pilihan pekerjaan siswa. Ada hubungan positif yang signifikan antara kebutuhan informasi karier dengan dan arah pilihan pendidikan lanjutan dengan arah pilihan pekerjaan siswa kelas II SMAN Malang.

Beberapa hal yang dapat disarankan oleh peneliti antara lain: (1) bagi instansi pendidikan perlu mengembangkan program sekolah mengenai informasi pendidikan lanjutan dan pekerjaan, (2) konselor perlu memberikan layanan bimbingan karier sesuai dengan kebutuhan siswa, (3) bagi peneliti lanjutan, hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan kajian dalam mengembangkan penelitian tentang karier selanjutnya.