SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Efektivitas Bibliokonseling untuk Mengembangkan Karakter Jujur Siswa Kelas IV di SDN Percobaan 1 Malang

Iin Munawaroh

Abstrak


ABSTRAK

 

Munawaroh, Iin. 2013. Efektivitas Bibliokonseling untuk Mengembangkan Karakter Jujur Siswa Kelas IV di SDN Percobaan 1 Malang. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra.Elia Flurentin, M.Pd. (II) Drs. Harmiyanto, M.Pd.

 

Kata kunci: Bibliokonseling, karakter jujur, siswa SD

 

Bibliokonseling adalah suatu kegiatan mengintervensi pemikiran individu dengan menggunakan suatu bacaan. Setelah membaca bacaan tersebut, individu dapat mendapatkan informasi baru dan dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Banyak sekali manfaat dari bibliokonseling dalam bidang pendidikan, tetapi tidak banyak kalangan tahu mengenai manfaat bibliokonseling tersebut terutama untuk mengembangkan karakter jujur pada siswa sekolah dasar. Berkaitan dengan itu, maka diperlukan pembahasan mengenai bibliokonseling tersebut.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengetahui efektivitas bibliokonseling untuk mengembangkan karakter jujur pada siswa kelas IV di SDN Percobaan 1 Malang.

Metode penelitian menggunakan rancangan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan one group pre-test post-test. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik penyebaran angket, wawancara dan observasi. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah angket karakter jujur. Bibliokonseling yang digunakan sebagai treatment, ditulis dan didesain dalam bentuk buku cerita bergambar oleh peneliti sendiri. Peneliti kemudian melaksanakan uji produk kepada tiga ahli yaitu ahli bahasa, ahli isi, dan ahli media. Bibliokonseling berupa buku cerita yang dikembangkan oleh peneliti berjudul: (1)  Aku Anak Jujur, Aku Tidak Mencontek, (2) Aku Anak Jujur, Aku Tidak Mencuri, (3) Aku Anak Jujur, Aku Tidak Berbohong.

Analisis data menggunakan teknik statistik dengan formula persentase change dengan melihat perubahan skor pre-test dan post-test setelah diberikan treatment. Media yang digunakan sebagai treatment adalah cerita pendek tentang kejujuran yang dikembangkan oleh peneliti sendiri.

Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh simpulan hasil penelitian yaitu bibliokonseling efektif untuk mengembangkan karakter jujur siswa kelas IV SDN Percobaan 1 Malang. Hal ini ditunjukkan dengan skor angket karakter jujur yang diisi oleh subjek yang rata-rata meningkat lebih dari 50%.

Peneliti mengajukan beberapa saran yang perlu dipertimbangkan sebagai berikut: (1) Dalam mengaplikasikan teknik ini, peneliti harus mempersiapkan bacaan yang sesuai dengan karakteristik siswa kelas IV SD, cerita harus menarik, serta waktu pelaksanaan kegiatan bibliokonseling harus kontinu (2) Diharapkan menggunakan analisis data time series agar pengontrolan kenaikan kesadaran akan kejujuran untuk setiap treatment lebih mudah dilihat, (3) Diharapkan terdapat pemodelan (ilustrasi) cerita yang dilakukan oleh subjek sendiri sehingga treatment yang diberikan melalui bacaan lebih bisa melekat pada subjek, (4) Sebaiknya untuk penelitian selanjutnya, peneliti menggunakan kelompok kontrol dan menyiapkan pertanyaan refleksi yang lebih mendalam dan kritis sebagai stimulus untuk siswa.