SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Keefektifan Teknik Behavior Contract Untuk Mengurangi Perilaku Konsumtif Siswa Kelas XI SMA Laboratorium UM

Dewi Megawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Megawati, Dewi. 2013. Keefektifan Teknik Behavior Contract Untuk Mengurangi Perilaku Konsumtif Siswa Kelas XI SMA Laboratorium UM. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Widada, M.Si. Pembimbing (II) Arbin Janu Setiyowati, S. Pd, M,Pd.

 

Kata Kunci: behavior contract, perilaku konsumtif, siswa SMA

 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa SMA yang berperilaku konsumtif. Hal tersebut dibuktikan dengan masih sering ditemui remaja yang jalan-jalan di mal atau di kafe bahkan masih mengenakan seragam sekolah. Selain itu, remaja saat ini lebih mengutamakan simbol status mereka dengan menggunakan barang-barang bermerk, gadget terbaru, update fashion, dan aksesoris lainnya. Hal ini dilakukan remaja selain karena kurangnya kontrol diri juga dilakukan untuk mempertahankan eksistensinya di lingkungan sosial. Apabila perilaku tersebut dibiarkan akan berdampak pada pembentukan pribadi remaja, yaitu remaja menjadi pribadi yang matrealistis dan terbiasa bergaya hidup hedonis. Selama ini belum ada perhatian khusus terhadap permasalahan perilaku konsumtif yang dilakukan remaja. Oleh karena itu, diperlukan suatu usaha bantuan yang dinilai efektif untuk mengurangi perilaku konsumtif yaitu  dengan penggunaan behavior contract.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas konseling dengan teknik behavior contract dalam mengurangi perilaku konsumtif siswa kelas XI SMA Laboratorium UM. Rancangan penelitian ini menggunakan eksperimen semu (quasi experiment design). Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMA Laboratorium UM sebanyak 5 siswa sebagai kelompok eksperimen yang berperilaku konsumtif tinggi. Subjek penelitian  tersebut dipilih berdasarkan hasil pre-test dengan menggunakan instrumen skala perilaku konsumtif yang memiliki skor tinggi.

Analisis data menggunakan statistik inferensial non-parametrik, yaitu uji beda two related samples tests Wilcoxon untuk mengetahui perbedaan tingkat perilaku konsumtif siswa sebelum dan sesudah pemberian behavior contract pada kelompok eksperimen. Penganalisisan data dilakukan dengan bantuan program SPSS for windows 16.0 dengan menghitung perbedaan antara hasil pre-test dengan hasil post-test. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai sebesar Z =  -2.032a dan nilai probability error (p = 0.042 < 0.05). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan teknik behavior contract dapat mengurangi perilaku konsumtif yang siswa.

Terdapat beberapa saran berdasarkan hasil penelitian: (1) Konselor diharapkan menggunakan teknik ini untuk mengurangi perilaku konsumtif siswa, (2) Konselor dapat bekerja sama dengan orang tua atau pun teman siswa dalam usaha mengurangi perilaku konsumtif, (3) Peneliti selanjutnya diharapkan dapat menggunakan kelompok kontrol sebagai pembanding.