SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

penerapan teknik permainan simulasi untuk meningkatkan tanggung jawab siswa kelas X-C di SMA negeri 1 ngunut

Rindy Anyles Realis

Abstrak


ABSTRAK

 

Realis, Rindy Anyles. 2013. Penerapan Teknik Permainan Simulasi untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Siswa Kelas X-C di SMA Negeri 1 Ngunut. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Ella Faridati Zen, M. Pd dan (II) Dr. M. Ramli, M.A.

 

Kata kunci : permainan simulasi, tanggung jawab siswa

 

Sikap siswa kelas X-C selama mengikuti pelayanan BK, antara lain: terlambat masuk kelas, tertidur, mengerjakan tugas mata pelajaran lain dan mengobrol dengan teman. Hanya siswa tertentu yang aktif. Ini menunjukkan siswa kurang bertanggung jawab. Padahal nilai karakter tanggung jawab harus dikembangkan. Teknik ceramah dan tanya jawab kurang mampu meningkatkan tanggung jawab siswa. Pemecahan masalah yang ditawarkan adalah menerapkan permainan simulasi yang menekankan perlibatan langsung siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan teknik permainan simulasi yang dapat meningkatkan tanggung jawab siswa kelas X-C di SMA Negeri 1 Ngunut.

Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan bimbingan dan konseling (PTBK). PTBK terdiri dari dua siklus, dua pertemuan di setiap siklus. Setiap siklus melalui perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-C sejumlah 35 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan/verifikasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan simulasi yang dapat meningkatkan tanggung jawab siswa adalah permainan simulasi yang memberikan ruang kepada siswa (pemain, pemegang peran, penonton dan penulis) mendapatkan pengalaman belajar yang bermakna  selama proses pelayanan. Siswa dihadapkan kepada situasi yang berkaitan dengan tanggung jawab, menanggapi situasi yang ditemukan, merefleksikan tanggapan, menganalisa untuk menarik kesimpulan. Di samping itu, pemberian tugas tambahan kepada penonton berupa menulis pendapat mengenai setiap pesan yang dibahas dapat meningkatkan penguasaan dan aktivitas yang berkaitan dengan tanggung jawab siswa.

Saran yang diajukan adalah: (1) konselor diharapkan dapat menerapkan permainan simulasi sebagai alternatif pilihan teknik pelayanan BK di kelas, (2) peneliti selanjutnya dapat menambahkan komponen kegiatan dalam bentuk PR berupa catatan harian aktivitas siswa terkait tanggung jawab.