SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perbedaan Keterampilan Sosial Siswa Kelas Akselerasi dan Siswa Kelas Reguler SMA Negeri di Kota Malang

Inggit Kartika Wulandari

Abstrak


ABSTRAK

 

Wulandari, Inggit Kartika. 2013. Perbedaan Keterampilan Sosial Siswa Kelas Akselerasi dan Siswa Kelas Reguler SMA Negeri di Kota Malang. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. M. Ramli, M. A. (II) Dr. Dany M. Handarini, M. A.

 

Kata Kunci: keterampilan sosial, siswa kelas akselerasi, siswa kelas reguler

 

Manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan orang lain untuk berkembang optimal. Sebagai makhluk sosial, manusia berinteraksi dengan orang lain. Untuk dapat berinteraksi dengan orang lain dan diterima lingkungannya, manusia perlu memiliki keterampilan sosial. Keterampilan sosial adalah suatu keterampilan yang dimiliki individu untuk dapat berinteraksi dan diterima dengan baik oleh lingkunganya. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah ada perbedaan keterampilan sosial (social skills) antara siswa kelas akselerasi dan siswa kelas reguler SMA Negeri di Kota Malang.

Rancangan penelitian yang digunakan adalah komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas akselerasi dan reguler SMA N 1, 3, 4, 5, 8 Malang. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Multistage Random Sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini 300 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik inventori yaitu inventori keterampilan sosial. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis Independent Sample t-test.

Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan keterampilan sosial antara siswa kelas akselerasi dan siswa kelas reguler di Kota Malang. Rata-rata skor keterampilan sosial siswa kelas akselerasi lebih besar dibanding siswa kelas reguler.

Berdasarkan hasil penelitian, maka 1) konselor hendaknya memberikan layanan dasar pada siswa kelas akselerasi maupun kelas reguler tentang keterampilan sosial khususnya agar keterampilan sosial yang telah dimiliki siswa dapat lebih baik lagi, 2) peneliti selanjutnya, diharapkan untuk melakukan penelitian lebih lanjut mengenai keterampilan sosial pada siswa SMA dengan populasi yang lebih luas dan sampel yang lebih representatif, faktor-faktor yang mempengaruhi keterampilan sosial pada siswa SMA seperti pola asuh orang tua, latar belakang orang tua, status sosial ekonomi, dll, serta penelitian dengan topic lain tentang keterampilan sosial khususnya dan Bimbingan dan Konseling pada umumnya.