SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kebutuhan Informasi Karier siswa SMK Negeri I Kota Pasuruan

Tri Mulyati

Abstrak


ABSTRAK

 

Mulyati, Tri. 2009. Kebutuhan informasi karier di SMK Negeri I Pasuruan,Skripsi Bimbingan Konseling dan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Ella Faridati Zen, M. Pd. (II) Drs Harmiyanto

 

Kata Kunci: kebutuhan siswa SMK, layanan informasi karier.

 

Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah pihak yang terutama berkepentingan dengan bantuan untuk perencanaan karier. Kegiatan penting dalam perencanaan karier adalah pengambilan keputusan, untuk mengambil keputusan siswa memerlukan informasi karier. Informasi karier khususnya informasi pribadi, sekolah lanjutan dan jabatan sangat penting untuk menyusun rencana dan menentukan pilihan pekerjaan. Tapi keyataannya sering dijumpai di sekolah banyak siswa Sekolah Menengah Atas yang terlanjur masuk ke perguruan tinggi tertentu merasa salah pilih jurusan karena tidak sesuai dengan minatnya. Begitu juga dengan siswa SMK yang merasa kesulitan dalam memilih karier setelah tamat dari sekolah. Berdasarkan keadaan tersebut dapat dikatakan bahwa informasi tentang karier apa saja yang dibutuhkan oleh siswa sekolah kejuruan, sangat diperlukan oleh pihak-pihak yang melaksanakan layanan bimbingan karier di SMK.

Penelitihan ini bertujuan untuk mengetahui jenis kebutuhan informasi karier yang dibutuhkan siswa SMK N I Kota Pasuruan yang terdiri dari          1) kebutuhan informasi Pribadi, kebutuhan informasi kelanjutan studi, dan      3) kebutuhan informasi jabatan.

Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif survei dan jenis datanya bersifat kuantitatif dan kualitatif. Populasi penelitian seluruh siswa kelas XI SMK Negeri I kota Pasuruan sebanyak 677 siswa. sedangkan sampel yang diambil sebanyak 105 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proposional random sampling. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan angket terstruktur dengan bentuk jawaban angket tertutup dan angket tidak terstruktur dengan bentuk jawaban angket terbuka. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis persentase.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kebutuhan informasi pribadi yang menjelaskan tentang kebutuhan pemahaman diri adalah siswa sangat membutuhkan informasi tentang potensi diri, informasi tentang minat, informasi tentang sifat kepribadian, informasi tentang prestasi dan banyak siswa membutuhkan informasi latar belakang. 2) Kebutuhan informasi kelanjutan studi yang terdiri informasi kebutuhan jalur pendidikan yang terdiri jalur pendidikan formal dan jalur non formal sangat banyak siswa membuthkan. Kebutuhan informasi status perguruan tinggi yang sangat dibutuhkan adalah tentang informasi perguruan tinggi negeri. Kebutuhan informasi prodit/fakultas/jurusan yang sesuai dengan prodit di SMK yang sangat dibutuhkan adalah informasi tentang tehnik informatika sedangkan yang tidak sesuai dengan prodit SMK adalah informasi tentang psikologi menyusul sastra dan seni menyusul bimbingan dan konseling. 3) Kebutuhan informasi jabatan sangat banyak siswa membutuhkan informasi: a) informasi tentang persyaratan kerja b) informasi tentang pekerjaan  c) informasi tentang sumber-sumber informasi

Berdasarkan hasil penelitia ini disarankan agar pihak sekolah dapat melakukan hubungan kerjasama dengan pihak luar sekolah seperti perusahaan organisasi tenaga kerja, departemen kerja, instansi-instansi terkait dengan bidang ketenaga kerjaan, sebagai upaya meningkatkan kegiatan pemberian informasi karier dan memenuhi kebutuhan-kebutuhan siswa untuk memproleh  informasi baik itu dari dunia kerja maupun dunia pendidikan (PT).