SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Informasi Perencanaan Karier Keluar Negeri

Ria Dwi Hanggraeni

Abstrak


ABSTRAK

 

Hanggraeni, Ria Dwi. 2012. Pengembangan Informasi Perencanaan Karier Keluar Negeri. Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling, Fakultas Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Ella Faridati Zen, M.Pd, (II) Drs.Djoko Budi Santoso.

 

Kata kunci: informasi, perencanaan karier, tenaga kerja Indonesia

 

Siswa SMK PGRI Turen berasal dari daerah yang sebagian besar warganya bekerja keluar negeri. Sebagai mana diketahui faktor lingkungan dapat mempengaruhi pilihan karier siswa. Sehingga tidak menutup kemungkinan siswa SMK PGRI Turen berminat untuk bekerja ke luar negeri, hal itu dipengaruhi lingkungan rumah dan sekolah yang menunjukkan besarnya minat bekerja keluar negeri. Sehingga konselor perlu memberikan informasi tentang bekerja keluar negeri kepada siswa.

Tujuan peneliti ini yaitu untuk mengembangkan buku paket dan buku pedoman informasi perencanaan karier keluar negeri dalam bentuk paket yang berterima secara teoritis. Hal itu bertujuan agar siswa memahami dan mengenal lingkungan kerja diluar negeri. Sehingga siswa dapat merencanakan kariernya sesuai kemampuan yang dimiliki.

Penelitian pengembangan ini menggunakan rancangan penelitian Borg and Gall, dimana dalam penerapan pengembangannya dilakukan adaptasi sesuai dengan kondisi lapangan dan kebutuhan penelitian. Langkah penelitian yang dilakukan ada 7 tahap yaitu: (1) Tahap persiapan. (2) Pembuatan produk. (3) Validasi produk. (4) Revisi produk. (5) Uji coba produk. (6) Revisi produk. (7) Penyusunan Produk akhir. Desain uji coba dilakukan sebanyak 2 tahap yaitu: (1) Uji coba calon pengguna. (2) Uji coba kelompok kecil. Subyek coba/ uji ahli dilakukan oleh ahli BK dan ahli media. Jenis data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata.

Hasil pengembangan berupa buku paket dan buku pedoman perencanaan karier keluar negeri. Hasil validasi menunjukkan bahwa produk ini telah memenuhi syarat keberterimaan yaitu: keguna, ketepat, kejelas, keefektif, keterlaksana, kemenarik. Dari angket ahli BK, ahli media dan calon pengguna/konselor, peneliti mendapatkan rata-rata penilaian terhadap buku panduan yaitu 3,2 dan buku pedoman 3,1. Untuk mengetahui efektifitas produk, juga dilakukan uji coba kelompok kecil hingga mendapatkan rata-rata penilaian 3,5. Kesimpulan dari hasil uji coba menunjukkan bahwa produk memenuhi syarat keberterimaan.

Saran yang dapat disampaikan sebagai berikut, (1) Bagi konselor di SMK sebaiknya dalam menggunakan paket untuk memberikan informasi perencanaan karier keluar negeri menggunakan variasi permainan maupun teknik bimbingan yang lain. Variasi yang menarik dalam pemberian informasi dapat menambah ketertarikan siswa dalam mengikuti informasi. (2) Pengembangan buku paket perencanaan karier keluar negeri telah dilakukan sampai pada uji coba produk pada kelompok kecil, namun belum dilakukan uji lapangan. Oleh karena itu saran bagi peneliti selanjutnya agar melakukan uji lapangan sehingga produk yang sedang dikembangkan dapat diketahui efektifitasnya.