SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Faktor-Faktor yang Melatarbelakngi Pengambilan Keputusan Memilih Program Studi di Perguruan Tinggi

ARIES KUSUMA DEWI

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Dewi, Aries Kusuma. 2009. Faktor-Faktor yang Melatarbelakangi Pengambilan Keputusan Memilih Program Studi di Perguruan Tinggi.. Skripsi, Program Studi Psikologi Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Alwisol, M.Pd, (II) Drs. M. Bisri M.Si.

 

Kata kunci: pengambilan keputusan, memilih program studi.

 

Pendidikan di SMA tidak khusus ditujukan agar tamatannya secara langsung dapat mengisi lapangan kerja tertentu di masyarakat, tidak juga diarahkan agar tamatannya melanjutkan ke suatu jurusan tertentu di perguruan tinggi. Dalam usia yang masih muda, lulusan SMA akan mengalami kesulitan bila harus langsung masuk ke dunia kerja. Untuk mendapatkan bekal dan keahlian yang cukup, tamatan SMA harus melanjutkan pendidikannya ke Perguruan Tinggi. Memasuki perguruan tinggi memiliki kesulitan tersendiri karena banyaknya program studi yang ditawarkan. Namun, siswa pasti memiliki faktor-faktor tertentu yang memudahkannya dalam memilih program studi.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, dilihat dari jenisnya, penelitian ini merupakan penelitian expost facto yang meneliti peristiwa yang telah terjadi, kemudian merunut ke belakang melalui data yang diperoleh untuk menemukan hal-hal yang mendahului dan menentukan sebab yang mungkin dari peristiwa yang diteliti. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan memilih program studi di perguruan tinggi. Uji validitas item menggunakan teknik korelasi product moment. Setelah dihitung, terdapat 6 item yang tidak valid dan 74 item valid. Reliabilitas tes diukur menggunakan koefisien reliabilitas alpha dengan bantuan program SPSS 15.0 for Windows menghasilkan reliabilitas sebesar 0.887. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XII di SMA Negeri 5 Malang yang diambil dengan menggunakan teknik insidental sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis faktor konfirmatori untuk memperoleh gambaran tentang faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan memilih program studi di perguruan tinggi dengan bantuan program Lisrel 8.70 student version.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor kognitif, afektif, lingkungan sosial, dan perguruan tinggi mempengaruhi pengambilan keputusan memilih program studi di perguruan tinggi. Faktor kognitif memiliki persentase pengaruh sebesar 23.87%, faktor afektif sebesar 26.59%, faktor lingkungan sosial sebesar 25.04%, dan faktor perguruan tinggi sebesar 24.38%, sehingga totalnya adalah sebesar 99.9%. Berdasarkan hasil penelitian disarankan; 1) alumni SMA yang akan memilih program studi hendaknya mengenali diri sehingga program studi yang dipilih sesuai, serta mencari informasi tentang perguruan tinggi dengan mempertimbangkan faktor internal dan eksternal dan mengecek info yang didapat, 2) bagi penyelenggara perguruan tinggi hendaknya memanfaatkan hasil penelitian dengan melakukan evaluasi dan perbaikan sarana maupun pra sarana sehingga dapat menarik alumni SMA untuk memilih berkuliah disana, 3) bagi peneliti selanjutnya dengan topik penelitian yang sama diharapkan mengembangkan desain penelitian dengan menambah variabel penelitian.