SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan Kontrol Diri dalam Hubungan Teman Sebaya Siswa SMP Melalui Layanan Informasi dengan Media Bergambar.

Bestari Nurcahyani

Abstrak


ABSTRAK

 

Nurcahyani, Bestari. 2013. Peningkatan Kontrol Diri dalam Hubungan Teman Sebaya Siswa SMP Melalui Layanan Informasi dengan Media Bergambar. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Andi Mappiare AT.,M.Pd, (II) Drs Djoko Budi Santoso.

 

Kata Kunci : layanan informasi, media bergambar, kontrol diri

 

Dari beberapa fenomena di lapangan diperoleh data awal bahwa siswa SMP cenderung tidak mampu mengontrol diri dari pengaruh teman sebaya. Kuatnya pengaruh teman sebaya semakin membuat remaja mudah terpengaruh untuk melakukan hal-hal negatif. Meskipun demikian, tidak semua remaja mudah terpengaruh untuk melakukan hal-hal negatif ketika kontrol diri yang mereka miliki tinggi. Dalam upaya membantu siswa untuk dapat meningkatkan kemampuan kontrol diri dalam hubungan teman sebaya, dikembangkan media bergambar yang diharapkan dapat membantu siswa untuk menerima dan memahami informasi yang disampaikan.

Tujuan dari penelitian pengembangan ini ialah: (1) diperoleh deskripsi tentang tingkat keterterimaan dari segi kegunaan, kemudahan, ketepatan, dan kemenarikan isi menurut penilaian pemakai mengenai media bergambar sebagai media layanan informasi peningkatan kontrol diri dalam hubungan teman sebaya bagi siswa SMP, (2) diperoleh deskripsi tentang tingkat keterterimaan dari segi kegunaan, kemudahan, ketepatan, dan kemenarikan bentuk menurut penilaian pemakai mengenai media bergambar sebagai media layanan informasi peningkatan kontrol diri dalam hubungan teman sebaya bagi siswa SMP. Rancangan yang digunakan dalam penelitian pengembangn ini diadaptasi dari model pengembangan Borg and Gall (1983).

Berdasarkan penilaian ahli materi/isi, ahli media, dan calon pengguna produk, pengembangan media bergambar ini sudah layak digunakan sebagai media layanan informasi dilihat dari aspek kegunaan, kemudahan, ketepatan, dan kemenarikan. Saran bagi konselor yaitu konselor hendaknya melakukan uji efektifitas (PTK) pada media yang telah dikembangkan oleh peneliti untuk lebih mengoptimalkan dan menyempurnakan manfaat pengembangan media bergambar sebagai media layanan informasi kontrol diri dalam hubungan teman sebaya bagi siswa SMP. Saran bagi siswa yaitu siswa dapat memanfaatkan media bergambar ini secara mandiri di luar jam tatap muka untuk memperoleh informasi mengenai peningkatan kontrol diri dalam hubungan teman sebaya. Saran bagi peneliti selanjutnya yaitu peneliti bisa melakukan penelitian terhadap media bergambar tentang peningkatan kontrol diri dalam hubungan teman sebaya untuk mengetahui keefektifan pengembangan media layanan informasi.