SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENYADARAN GENDER SISWA MA MELALUI LAYANAN INFORMASI DENGAN MEDIA KOMIK DALAM PERSPEKTIF ISLAM

Laelatul Arofah

Abstrak


ABSTRAK

 

Arofah, Laelatul . 2013. Penyadaran Gender Siswa MA melalui Layanan Informasi dengan Media Komik dalam Perspektif Islam. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Andi Mappiare-AT., M. Pd, (II) Arbin Janu Setiyowati, M. Pd

 

Kata Kunci: Komik, Kesadaran Gender, Siswa MA

 

Dari hasil observasi dan wawancara diketahui bahwa siswa laki-laki dan perempuan kurang menyadari perannya masing-masing. Laki-laki merasa dirinya kuat sehingga cenderung bertindak semena-mena, begitu juga perempuan merasa dirinya dapat melakukan hal-hal yang dilakukan oleh laki-laki. Dalam Islam sudah dijelaskan bahwa laki-laki dan perempuan mempunyai peran masing-masing, saling menghormati dan terjalin hubungan harmonis antara satu dengan yang lain. Siswa harus sadar akan gendernya, dan untuk membantu mereka menyadari gendernya dibutuhkan sebuah media yang menarik, yang membantu siswa mendapatkan informasi tentang kesadaran gender, yaitu media berupa komik.

Tujuan penyadaran gender siswa MA melalui layanan informasi dengan media komik dalam perspektif Islam adalah diperoleh deskripsi penerimaan pemakai atas isi dan bentuk media. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini berupa fragmen komik, dan buku panduan bagi konselor yang dilengkapi lembar evaluasi bagi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan langkah-langkah pengembangan dari Borg and Gall yang terdiri atas tujuh tahap. Subjek uji ahli media merupakan dosen Teknologi Pendidikan, dan uji ahli materi merupakan dosen Bimbingan dan Konseling. Sedangkan untuk uji calon pengguna produk yang pertama adalah dua konselor MAN Kota Blitar, dan uji calon pengguna produk kedua 10 siswa kelas XI Agama MAN Kota Blitar. Hasil penilaian dari uji ahli dan calon pengguna produk dianalisis secara angka dan verbal.

Hasil penilaian dari uji ahli dan calon pengguna produk mendapatkan hasil dengan kriteria sangat berguna/sangat tepat/ sangat jelas/sangat menarik, yang masing-masing kriteria tersebut memiliki deskripsi penerimaan masing-masing.

Dari hasil penilaian tersebut dapat disimpulkan bahwa diperoleh deskripsi penerimaan pemakai atas isi dan bentuk dari media komik dengan konten penyadaran gender untuk menegaskan peran sebagai laki-laki dan perempuan dalam perspektif Islam, sehingga produk tersebut layak digunakan sebagai media media dalam pelaksanaan layanan informasi. Saran pengembangan produk lebih lanjut yaitu 1) Disarankan untuk melakukan penelitian lebih lanjut untuk lebih mengetahui sejauhmana keefektifan penggunaan komik terhadap tingkat kesadaran gender siswa MA. 2) Disarankan untuk melakukan uji lapangan terhadap media komik penyadaran gender ini, karena dengan begitu manfaat dari pengembangan komik ini dapat dirasakan oleh banyak pengguna. 3) Disarankan untuk peneliti selanjutnya mengembangkan fragmen komik penyadaran gender dengan pesan bimbingan yang lebih spesifik pada aspek gender tertentu.