SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perbedaan Keterampilam Mengatasi Stres Akademik Siswa Akselerasi dan Reguler di SMA Negeri se- Kota Malang

Agustin Kartika Sari

Abstrak


ABSTRAK

 

Sari, Agustin Kartika. 2013. Perbedaan Keterampilan Mengatasi Stres Akademik Siswa Akselerasi dan Reguler di SMAN se-Kota Malang. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Dany M. Handarini, M.A. (II) Drs. Djoko Budi Santoso.

 

Kata Kunci: Keterampilan Mengatasi Stres Akademik, Akselerasi, Reguler, SMA

 

Keterampilan mengatasi stres akademik adalah suatu kemampuan mengelola tuntutan internal maupun eksternal yang bersumber pada aspek akademik yang menjadi ancaman beban pikiran dan perasaan di luar kemampuan diri individu yang dipersepsinya sebagai pemicu timbulnya stres. Strategi dalam pengelolaan stres adalah probem focus coping dan emotional focus coping. Berbagai perbedaan yang terdapat antara siswa akselerasi dan reguler seperti IQ, kurikulum, proses pembelajaran dan sebagainya.

Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan keterampilan mengatasi stres akademik siswa akselerasi di SMAN se-kota Malang, (2) mendeskripsikan keterampilan mengatasi stres akademik siswa reguler di SMAN se-Kota Malang, dan (3) mengetahui perbedaan keterampilan mengatasi stres akademik siswa akselerasi dan siswa reguler di SMAN se-kota Malang.

Penelitian ini dilaksanakan dengan rancangan deskriptif komparatif. Populasi penelitian adalah siswa akselerasi dan reguler di SMAN se-Kota Malang. Tehnik pengambilan sampel dengan tehnik total sampling pada siswa akselerasi dan cluster random sampling pada reguler. Data dikumpulkan dengan menggunakan inventory Ways of Coping, dan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis uji-t.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan mengatasi stres akademik antara siswa akselerasi dan reguler. Nilai rata-rata keterampilan mengatasi stres akademik siswa akselerasi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa reguler. Namun, keduanya berada dalam kategori yang sama yaitu dalam kategori sedang.

Disarankan hasil penelitian ini sebagai rujukan dalam melakukan analisis kebutuhan siswa tentang kondisi keterampilan mengatasi stres akademik siswa dan menjadi referensi dalam memberikan intervensi bimbingan dan konseling dengan mengembangkan program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, kuratif, dan pengembangan yang dapat meningkatkan keterampilan mengatasi stres akademik siswa.