SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN PAKET BIMBINGAN KONSEP DIRI SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI ARIYOJEDING TULUNGAGUNG

Dian Eko Restino

Abstrak


ABSTRAK

 

Restino, Dian Eko. 2012. Pengembangan Paket Konsep Diri Diri Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Ariyojeding Tulungagung. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Ella Faridati Zen, M.Pd, (II) Dr. Triyono, M.Pd,

 

Kata kunci: Konsep Diri, Paket Bimbingan, Siswa MTsN Ariyojeding

 

Konsep diri adalah gambaran diri individu yang berisikan tentang bagaimana individu melihat dirinya sendiri sebagai pribadi, bagaimana individu merasa atas dirinya, serta bagaimana individu menginginkan diri sendiri sebagaimana manusia yang ideal menurut dirinya. Remaja sekolah menengah masih mencari jati diri dan identitasnya. Siswa MTs Negeri Aryojeding cenderung mengikuti kelompoknya, misalnya dalam hal mode pakaian, selera musik, model rambut, alat komunikasi atau handphone dan alat transportasi diikuti sesuai tren meskipun terkesan dipaksakan dan kurang sesuai dengan tingkat ekonomi keluarganya. Konselor MTs Negeri Aryojeding belum memberikan bimbingan terkait dengan konsep diri kepada siswa dan sekolah belum memiliki paket bimbingan konsep diri. Agar siswa dapat mengembangkan konsep diri secara optimal perlu dikembangkan media berupa paket bimbingan konsep diri siswa MTsN Ariyojeding Tulungagung.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan menghasilkan paket bimbingan konsep diri siswa MTs Negeri Aryojeding yang dapat diterima berdasarkan kegunaan, ketepatan dan kemenarikan. Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk menghasilkan paket bimbingan konsep diri untuk siswa dan panduan paket bimbingan konsep diri untuk konselor berdasarkan tingkat kegunaan, kemenarikan, dan ketepatan menurut para ahli dan calon pengguna produk.

Penelitian ini menggunakan model R & D. Desain uji coba yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain deskriptif. Subjek uji ahli adalah ahli bimbingan dan konseling, ahli media, dan  calon pengguna produk (konselor) MTsN Ariyojeding Tulungagung. Jenis data yaitu kualitatif dan kuantitatif. Instrumen pengumpulan data adalah angket penilaian (skala penilaian dan lembar saran). Teknik analisis data kualitatif menggunakan teknik analisis deskriptif (kategori) dan data kuantitatif menggunakan teknik analisis statistik deskriptif (mean).

Berdasarkan hasil analisis data kuantitatif diperoleh kesimpulan bahwa buku paket bimbingan konsep diri untuk siswa dinilai ahli BK sangat berguna, sangat tepat dan cukup menarik. Penilaian dari ahli media sangat berguna, sangat tepat dan sangat menarik. Penilaian uji calon pengguna produk, yaitu konselor MTsN Ariyojeding sangat berguna, sangat tepat dan sangat menarik. Adapun buku panduan paket bimbingan konsep diri untuk konselor dinilai ahli BK sangat berguna, sangat  tepat dan cukup menarik. Penilaian ahli media sangat berguna, sangat tepat dan sangat menarik. Penilaian calon pengguna produk sangat berguna, sangat tepat, sangat menarik.

Saran bagi sekolah diharapkan sekolah memfasilitasi dari segi finansial dan dukungan moral kepada Bimbingan Konseling untuk melaksanakan bimbingan konsep diri ini. Saran bagi konselor dalam kegiatan pemberian model akan lebih optimal konselor memberikan cuplikan film pendek. Saran bagi siswa diharapkan juga untuk mempelajari buku paket bimbingan konsep diri secara mandiri di luar jam tatap muka. Saran bagi peneliti selanjutnya sebaiknya menjadikan pengembangan paket bimbingan konsep diri ini sebagai dasar untuk menguji efektifitas paket bimbingan konsep diri siswa MTsN Ariyojeding Tulungagung.