SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengedalian Gaya Hidup Konsumtif Siswa SMA melalui Layanan Informasi dengan Media Interaktif

Rahayu Dwi Husodo

Abstrak


ABSTRAK

 

Husodo, Rahayu Dwi. 2013. Pengendalian Gaya Hidup Konsumtif Siswa SMA melalui Layanan Informasi dengan Media Interaktif. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Andi Mappiare-AT, M. Pd, (2) Drs. Hariadi Kusumo, M. Pd.

 

Kata Kunci: gaya hidup konsumtif, pengendalian gaya hidup konsumtif, media interaktif

 

Gaya hidup konsumtif adalah cara hidup seseorang dalam menggunakan uang dan waktu secara berlebihan untuk sesuatu yang sebenarnya kurang ia butuhkan, karena tidak didasarkan pertimbangan dari segi kegunaan/kemanfaatan. Gaya hidup konsumtif merupakan salah satu gagasan dan cara remaja untuk memenuhi kebutuhannya demi menampilkan simbol-simbol tertentu yang diterima oleh kelompoknya. Pembelian barang tertentu atau melakukan aktifitas tertentu untuk menampilkan simbol bahwa seseorang adalah remaja yang up to date dan “gaul”. Hal tersebut didukung dengan menjamurnya shopping mall dan industri waktu luang yang memicu perilaku konsumtif di kalangan remaja. Gaya hidup konsumtif yang menjamur di kalangan remaja tersebut penting untuk dikendalikan agar remaja tidak terjerumus ke dalam perilaku yang tidak bertanggung jawab..

 Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi isi dan bentuk media interaktif yang dinilai layak dalam pelayanan informasi pengendalian gaya hidup konsumtif siswa SMA ditinjau dari segi penggunaan waktu dan uang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada langkah satu sampai dengan kelima Borg and Gall (1983). Subjek uji ahli adalah satu orang dosen ahli Bimbingan dan Konseling dan satu orang ahli media Teknologi Pendidikan. Subjek calon pengguna produk adalah dua orang konselor dan 10 orang siswa SMA N 1 Malang. Instrumen pengumpul data dalam bentuk angket, yang dianalisis secara numerikal dan verbal.

Penelitian ini menghasilkan deskripsi isi dan deskripsi bentuk  media interaktif yang dinilai layak dengan informasi pengendalian gaya hidup konsumtif siswa SMA ditinjau dari segi penggunaan waktu dan uang, yang didasarkan pada hasil penilaian uji ahli materi BK, uji ahli media, dan uji calon pengguna produk (siswa dan konselor).Saran untuk penelitian dan pengembangan ini yaitu agar produk hasil penelitian ini digunakan sesuai dengan fungsinya, dan untuk mendapatkan manfaat yang lebih besar, hendaknya dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai efektifitas produk yang dikembangkan dalam penelitian ini, karena hasil penelitian ini hanya terbatas sampai pengembangan produk.