SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Inventori Minat Pilihan Karier Berbasis Web di SMA Negeri 2 Ngawi

Bambang Setyawan

Abstrak


ABSTRAK

 

Setyawan, Bambang. 2009. Pengembangan Inventori Minat Pilihan Karier berbasis Web di SMA Negeri 2 Ngawi. Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi Program Studi Bimbingan dan Konseling FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Andi Mappiare, A.T, M.Pd., (II) Drs. Harmiyanto.   

 

Kata Kunci: pengembangan, inventori, minat, pilihan karier, web

 

Penyelenggaraan bimbingan karier di SMA merupakan bantuan kepada siswa untuk merencanakan pilihan kariernya secara realistis. Sehubungan dengan hal tersebut diperlukan pemahaman dan penerimaan diri yang memadai serta pemahaman dunia kerja yang hendak dipilih. Salah satu aspek diri yang perlu dipahami dalam rangka perencanaan karier ialah minat pilihan karier. Berkenaan dengan hal tersebut, ketidaktersediaan alat untuk mengungkap minat pilihan karier yang teruji dan praktis di SMA Negeri 2 Ngawi merupakan hambatan dalam mengungkap minat pilihan karier siswa. Oleh karena itu, perlu dikembangkan alat ungkap minat pilihan karier siswa yang memiliki tingkat validitas dan reliabilitas yang memadai serta pengadministrasian yang mudah. Diantaranya dengan mengembangkan inventori minat pilihan karier berbasis web.

Tujuan utama pengembangan inventori minat pilihan karier berbasis web ini adalah untuk mengatasi hambatan ketidaktersediaan alat ungkap minat pilihan karier di SMA Negeri 2 Ngawi. Melalui pengembangan ini diharapkan dapat menghasilkan inventori minat pilihan karier yang teruji tingkat validitas dan reliabilitasnya serta dapat diadministrasikan dengan baik melalui web.

Proses pengembangan produk inventori minat pilihan karier melalui beberapa tahap pengembangan diawali dengan penyusunan draft inventori, Draft inventori yang dihasilkan kemudian diuji oleh ahli konten untuk mengetahui kesesuaian isi inventori dengan konstruk teoritis pemilihan karier menurut John Holland. Draft yang telah diuji ahli diujikan di lapangan untuk mendapatkan data validitas dan reliabilitas inventori. Setelah melalui revisi berdasarkan hasil uji ahli dan lapangan, butir inventori dimasukkan ke dalam software berbasis web. Untuk menguji kelayakan web inventori oleh pengguna, dilaksanakan uji kelayakan melalui reviu oleh ahli media web.

Validitas inventori diukur melalui uji ahli dan uji korelasi butir dan bidang minat dengan menggunakan analisis korelasi product moment pearson. Reliabilitas inventori diukur dengan menghitung koefisien alpha melalui uji analisis reliabilitas menggunakan alpha cronbach. Penghitungan menggunakan analisis SPSS Versi 16.0., sedangkan penyusunan web menggunakan fasilitas pemrograman PHP (Personal Home Page tools).

Melalui uji ahli dan uji lapangan terhadap draft inventori minat pilihan karier, dihasilkan inventori dengan 124 butir pernyataan menggunakan skala model Guttman dengan dua pilihan jawaban ya atau tidak. Draft pernyataan diujicobakan kepada 50 siswa SMA Negeri 2 Ngawi. Keseluruhan butir dinyatakan valid, signifikan dengan p = 0,05 atau p = 0,01. Uji reliabilitas menghasilkan koefisien alpha 0,938, dengan demikian inventori ini cukup reliabel. Inventori minat pilihan karier yang dihasilkan dapat dikerjakan secara online, dianalisis secara langsung melalui web serta sistem dokumentasi yang cukup mudah dan aman. Produk inventori minat pilihan karier berbasis web juga dilengkapi dengan buku panduan baik untuk konselor maupun siswa.

Inventori Minat Pilihan Karier berbasis Web ini merupakan inventori yang dikerjakan secara online, sehingga penggunaannya perlu mempertimbangkan ada tidaknya jaringan internet di sekolah. Penggunaan oleh selain siswa di SMA Negeri 2 Ngawi, perlu memperhatikan karakteristik siswa pengguna. Saran lebih lanjut, inventori ini perlu diujicobakan pada subyek uji lapangan yang lebih luas sehingga tingkat validitas dan reliabilitas lebih teruji secara lebih luas pula.