SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan antara Self Efficacy dan Problem Focused Coping dengan Prestasi Akademik pada Mahasiswa Yang Memprogram Skripsi

Anna Yunita Simamora

Abstrak


ABSTRAK

Simamora, Anna Yunita. 2009. Hubungan Antara Self Efficacy dan Problem Focused Coping dengan Prestasi Akademik pada Mahasiswa Yang Memprogram Skripsi. Skripsi, Program Studi Psikologi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Pembimbing : (1) Dra. Endang Prastuti, M.Si, (2) Fattah Hidayat, S.Psi, M,Psi.

Kata Kunci : self efficacy, problem focused coping, dan prestasi akademik

Prestasi akademik dapat diprediksi melalui self efficacy yaitu keyakinan individu memperkirakan kemampuan diri dalam melaksanakan tugas dan tindakan tertentu dan problem focused coping yang dilakukan mahasiswa dalam penulisan skripsinya. Skripsi merupakan salah satu syarat mahasiswa dapat lulus dari perguruan tinggi dan meraih gelar sarjana. Namun dari data mahasiswa Universitas Negeri Malang sebesar 43% mahasiswa Psikologi yang belum lulus. Self efficacy mahasiswa dan bagaimana mahasiswa tersebut menghadapi situasi yang membuatnya tertekan akan menentukan prestasi akademik yang akan dicapai. 

Tujuan penelitian (1) gambaran self efficacy pada mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Malang angkatan 2005 yang memprogram skripsi. (2) gambaran problem focused coping pada mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Malang angkatan 2005 yang memprogram skripsi. (3) gambaran prestasi akademik pada mahasiswa  Psikologi Universitas Negeri Malang angkatan 2005 yang memprogram skripsi. (4) hubungan antara self efficacy dan problem focused coping dengan prestasi akademik pada mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Malang angkatan 2005 yang memprogram skripsi.

Penelitian ini menggunakan subyek penelitian sebanyak 52 orang mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Malang angkatan 2005 yang memprogram skripsi. Instrumen yang digunakan yaitu skala self efficacy dan skala problem focused coping dengan model skala Likert, sedangkan untuk prestasi akademik diambil dari data mahasiswa. Analisis data yang digunakan terdiri dari analisis deskriptif, analisis korelasi product moment, analisis regresi linear berganda. Dari uji coba diperoleh 32 item untuk skala self efficacy dan reliabilitas 0,922, sedangkan pada skala problem focused coping diperoleh 30 item dengan reliabilitas 0,905. 

Hasil analisis deskriptif dapat disimpulkan bahwa self efficacy pada mahasiswa tergolong sedang, problem focused coping pada mahasiswa tergolong sedang, dan prestasi akademik yang dimiliki mahasiswa masih tergolong sedang. Hasil analisis korelasi product moment dan regresi linear berganda menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara self efficacy dengan prestasi akademik (r = 0.277; p = 0,047