SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Studi Deskriptif tentang Motivasi Belajar siswa dari keluarga TKI di SMP Negeri 1 Sawoo Kabupaten Ponorogo

Rahayu Sukatmito

Abstrak


ABSTRAK

 

Sukatmito, Rahayu. 2012. Studi Deskriptif tentang Motivasi Belajar Siswa dari Keluarga TKI di SMP Negeri 1Sawoo Kabupaten Ponorogo. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Ella Faridati Zen, M.Pd. Pembimbing (II) Dr. Hj. Nur Hidayah, M.Pd.

 

Kata Kunci: Motivasi Belajar, Siswa Keluarga TKI.

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya masyarakat kecamatan Sawoo yang bekerja ke luar negeri menjadi TKI. Kepergian orang tua ke luar negeri meninggalkan anak-anak di rumah menyisakan rasa ingin tahu peneliti tentang bagaimana motivasi belajarnya di sekolah selama ditinggal orang tuannya bekerja ke luar negeri. Berkaitan dengan itu, maka diperlukan pendiskripsian mengenai motivasi belajar siswa SMP Negeri 1 Sawoo yang orang tuanya bekerja ke luar negeri.

Penelitian ini berfokus pada: (1) Motivasi belajar siswa SMP Negeri 1 Sawoo yang orang tuanya bekerja ke luar negeri. (2) Sumber motivator belajar siswa SMP Negeri 1 Sawoo yang orang tuanya bekerja ke luar negeri, dan (3) Makna motivasi belajar siswa SMP Negeri 1 Sawoo yang orang tuanya bekerja ke luar negeri.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif  jenis deskriptif. Lokasi penelitian ini adalah SMP Negeri 1 Sawoo dengan subjek siswa yang orang tuanya bekerja ke luar negeri. Pengumpulan data melalui teknik wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi dengan instrumen kunci yaitu peneliti sendiri. Pengecekan keabsahan temuan menggunakan  triangulasi sumber. Kegiatan analisis data dimulai dari data yang diperoleh dideskripsikan, dimaknai dikategorisasikan dan dibuat koneksitas.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Motivasi belajar siswa SMP Negeri 1 Sawoo yang orang tuanya bekerja ke luar negeri yaitu motivasi intrinsik dan ekstrinsik. Motivasi intrinsik yang berhasil ditemukan berupa cita-cita lulus ujian nasional dan membahagiakan orang tua yang bekerja ke luar negeri. Motivasi ekstrinsiknya yaitu adanya teman untuk bersaing dalam memperoleh nilai yang lebih tinggi, dorongan orang tua di rumah yaitu nenek, mengetahui hasil prestasi belajar dan hobi. (2) Sumber motivator belajar siswa SMP Negeri 1 Sawoo yang orang tuanya bekerja ke luar negeri yaitu ayah, ibu yang tinggal di rumah, paman dan nenek. Di sekolah yaitu guru mata pelajaran, konselor dan temannya. (3) Makna motivasi belajar bagi siswa SMP Negeri 1 Sawoo yang orang tuanya bekerja ke luar negeri adalah sebagai pemacu semangat belajar dan sebagai penentu kesuksesan dalam meraih cita-cita.

Saran: (1) Subjek hendaknya mengarahkan hobi pada cita-citanya, dan meningkatkan motivasi intrinsik melalui layanan BK yang ada di sekolah. (2) Konselor memberikan layanan BK yang terkait dengan bidang akademik, pribadi-sosial (3) Jika tertarik dengan penelitian ini maka peneliti lain dapat mengkaji lebih lanjut terhadap penelitian ini dan perlu mengadakan pengembangan paket bimbingan untuk membangkitkan motivasi belajar siswa SMP Negeri 1 Sawoo yang orang tuanya bekerja ke luar negeri.