SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERBEDAAN TANGGUNG JAWAB BERPRESTASI ANTARA SISWA AKSELERASI DAN RSBI SMP NEGERI SE-KOTA MALANG

Kartika Nur Viana

Abstrak


ABSTRAK

 

Viana, Kartika Nur. 2012. Perbedaan Tanggung Jawab Berprestasi antara Siswa Akselerasi dan RSBI SMP Negeri se-Kota Malang. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Blasius Boli Lasan, M.Pd, (II). Dr. Dany Moenindyah Handarini M.A

 

Kata kunci: Tanggung Jawab Berprestasi, siswa Akselerasi, Siswa Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional, Anak berbakat

 

Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional dan akselerasi tidak akan berhasil dalam tujuan mencapai prestasi jika siswa tidak memiliki motivasi berprestasi yang tinggi. Siswa akselerasi dituntut untuk mencapai standar kelulusan minimal dan dapat menyelesaikan waktu belajarnya lebih cepat dibandingkan dengan siswa Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional. Siswa Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional dituntut untuk dapat mencapai standar kelulusan Internasional yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Oleh sebab itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan tanggung jawab berprestasi antara siswa akselerasi dengan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional SMP Negeri se-Kota Malang. Tanggung jawab berprestasi merupakan kesediaan menangggung konsekuensi atas perilaku yang telah dilakukan untuk mencapai hasil maksimum. Adapun ciri siswa yang memiliki tanggung jawab beprestasi yaitu bekerja keras mencapai sesuatu yang diinginkan, berusaha melakukan terbaik yang bisa dilakukan, menerima kritikan dengan lapang dada, berani mengakui kesalahan sendiri,berani menanggung resiko atas usaha yang telah dilakukan, mengakui kelebihan yang ada pada diri sendiri, dan tidak menyalahkan orang lain ketika hasil yang didapat tidak sesuai dengan kenyataan.

Penelitian ini menggunakan model deskriptif komparatif yaitu penelitian yang mendeskripsikan perbandingan dua buah kelompok data. Metode yang dilakukan untuk mengetahui perbedaan tanggung jawab berprestasi antara siswa akselerasi dan RSBI ini dengan uji Indepenedent Sampel t-test atau uji dua buah kelompok yang tidak memiliki hubungan.

Dari pengujian uji t diketahui bahwa terdapat perbedaan tanggung jawab berprestasi yang signifikan antara siswa Akselerasi dan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional. Perbedaan tersebut ditunjang oleh perbedaan inteligensi, tuntutan dan harapan dari sekolah pada siswa akselerasi dengan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional.

Berdasarkan dari penelitian tersebut dapat disarankan bagi guru untuk turut menunjang keberhasilan siswa dengan memberi penguatan misalnya dengan pujian, pemberian hadiah agar siswa termotivasi dan memiliki sikap tanggung jawab terhadap apapun yang menjadi kewajibannya. Bagi orang tua hendaknya memantau perkembangan anak, mendukung setiap kegiatan positif anak dan berusaha memberikan perhatian terhadap belajar anak dirumah.