SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Informasi Sekolah Lanjutan Dalam Bentuk Blog Di SMP Negeri 2 Lumajang

Meita Silvia

Abstrak


ABSTRAK

 

Silvia, Meita. 2012. Pengembangan Media Informasi Sekolah Lanjutan Dalam Bentuk Blog di  SMP Negeri 2 Lumajang. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Ella Faridati Zen, M.Pd (II) Dr. Triyono, M.Pd.

 

Kata Kunci: Layanan Informasi, Siswa SMP, Sekolah Lanjutan, Blog

 

Sekolah lanjutan merupakan pendidikan yang ditempuh setelah lulus dari jenjang pendidikan sebelumnya. Siswa SMP setelah lulus akan melanjutkan ke Sekolah Lanjutan Tingkat Atas sebutan untuk tahap kedua dalam sekolah lanjutan setelah Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama di Indonesia. Bimbingan dan konseling sebagai salah satu usaha bantuan bagi siswa SMP, berkewajiban untuk menyiapkan siswa agar mengetahui dan dapat memilih sekolah lanjutan setelah lulus SMP. Layanan informasi adalah salah satu usaha bimbingan dan konseling untuk memberikan informasi kepada siswa dalam menentukan pilihan sekolah lanjutannya. Salah satu media yang dapat digunakan dalam pemberian informasi adalah media informasi sekolah lanjutan dalam bentuk blog.

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media informasi sekolah lanjutan dalam bentuk blog di SMP Negeri 2 Lumajang, yang memenuhi kriteria kegunaan, kemudahan, kemenarikan, dan ketepatan. Metode   penelitian mengadaptasi pendapat Borg dan Gall meliputi tahap: (1) penelitian awal (need assesment), (2) perencanaan berupa penyusunan langkah-langkah dan rancangan produk, (3) pengembangan produk awal, (4) melakukan uji coba, dan (5) merevisi hasil uji coba. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket penilaian menghasilkan data kuantitatif dan kualitatif. Analisis data kuantitaif menggunakan teknik analisis rata-rata, sedangkan teknik analisis deskriptif untuk data kualitatif.

Hasil penilaian dari para ahli menunjukkan bahwa produk media informasi sekolah lanjutan dalam bentuk blog telah memenuhi kriteria kegunaan, kemudahan, kemenarikan dan ketepatan. Berdasarkan analisis uji ahli materi didapat hasil sangat berguna, cukup mudah, cukup menarik dan cukup tepat. Dari uji ahli media didapat hasil sangat berguna, sangat menarik dan cukup tepat. Dari uji coba pengguna produk didapat hasil sangat berguna, sangat mudah, sangat menarik, dan sangat tepat. Sedangkan dari uji kelompok kecil hasil yang didapat yaitu sangat berguna, sangat menarik, dan sangat tepat. Sehingga produk media informasi sekolah lanjutan dalam bentuk blog ini layak digunakan sebagai salah satu media bimbingan di sekolah.

Saran bagi konselor hendaknya mempelajari panduan terlebih dahulu sebelum menggunakan media informasi sekolah lanjutan dalam bentuk blog ini. Sedangkan bagi peneliti selanjutnya agar meneruskan penelitian ini untuk menguji tentang keefektifan media informasi sekolah lanjutan dalam bentuk blog ini dan diharapkan adanya inovasi dari peneliti lanjut untuk mengembangkan produk ini dengan menambahkan informasi tentang sekolah-sekolah lanjutan lainnya yang lebih luas.