SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Keefektifan Strategi Self-Management untuk Mengurangi Stres dalam Belajar Siswa Kelas XI SMK Negeri 5 Malang

Egi Ika Febriana

Abstrak


ABSTRAK

 

Febriana, Egi Ika. 2012. Keefektifan Strategi Self-Management untuk Mengurangi Stres dalam Belajar Siswa Kelas XI SMK Negeri 5 Malang. Skripsi, Jurusan  Bimbingan  dan  Konseling,  Fakultas  Ilmu  Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Triyono, M.Pd, (II) Dr. Andi Mappiare A.T., M.Pd

 

Kata Kunci: self-management, stres, siswa SMK

 

Stres  secara  umum  merupakan  sesuatu  yang  tidak  terpisahkan  dalam kehidupan  manusia, bahkan stres  merupakan  bagian dari kehidupan. Orang  harus tergesa-gesa bangun,  membereskan  PR,  lupa  atau  tidak  sempat  untuk  sarapan, berlari untuk mengejar kendaraan umum, sekolah atau aktifitas, berkonflik dengan teman  atau  orang  lain,  dan  lain-lain.  Stres  dapat  terjadi  dimanapun  dan  pada siapapun,  juga  pada  siswa. Mengatasi masalah  tersebut  diperlukan  bantuan  yang efektif  untuk mengurangi  stres  dalam  belajar  siswa  kelas  XI  SMK  Negeri  5 Malang.  Salah  satu  upayanya  ialah penerapan strategi self-management. Tujuan dari  penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui  tingkat  keefektivan strategi self-management untuk mengurangi stres dalam belajar siswa SMK N 5 Malang.

Rancangan  penelitian  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah eksperimen semu (Quasi-Exsperimental Research) tanpa kelas kontrol. Penelitian menggunakan  jenis  desain  eksperimen  kasus  tunggal  (Single-Case  Experimental Design). Dalam SCED  meliputi 3  fase,  yaitu  fase A,  fase B (treatment), dan  fase A’. Dengan subjek siswa kelas XI SMK N 5 Malang dengan jumlah 5 siswa.

Teknik  pengumpulan  data  menggunakan  skala  stres  dalam  belajar,  tugas  harian self-management,  dan  self-report. Untuk  menganalisis  data  menggunakan  hasil dari visual  inspection  pada  saat  sebelum  perlakuan,  perlakuan,  dan  sesudah perlakuan..

Hasil  dari  penelitian menunjukkan  bahwa self-management berpengaruh terhadap  pengurangan  stres  dalam  belajar  siswa.  Hal  ini  tampak  dari masing-masing  subjek  menunjukkan  adanya  penurunan  tingkah  laku  stres  dalam belajarnya dari fase A ke fase A’. Dari 5 subjek memilki peningkatan persentase penurunan stres di atas 50%.

Berdasarkan  hasil  penelitian  ini,  disarankan  agar:  1) konselor  dapat membantu siswa untuk mengurangi stres dalam belajar menggunakan strategi self-management.  Konselor  dapat  memberikan  strategi  self-management  ini  tidak hanya  pada  5  siswa  tetapi  pada  seluruh  siswa XI  RPL  I  yang  sudah  diketahui karakteristiknya,  dan 2) peneliti  selanjutnya hendaknya jika  akan menguji self-management untuk mengurangi  stres dengan melakukan penelitian  menggunakan kelompok kontrol.