SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Efektivitas Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Empati Siswa Sekolah Menengah Pertama.

Dian Pujiastuti

Abstrak


ABSTRAK

 

Pujiastuti, Dian. 2012. Efektivitas Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Empati Siswa Sekolah Menengah Pertama. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Elia, Flurentin, M.Pd. (II) Irene Maya Simon, S.Pd, M.Pd

 

Kata Kunci: teknik sosiodrama, empati

 

Empati saat ini sulit ditemukan dalam diri seseorang, hal ini karena seiring dengan era globalisasi dan teknologi yang canggih membuat siswa terlena, teknologi membentuk siswa menjadi makhluk individual. Berkurangnya kemampuan berempati yang ditunjukkan siswa di lingkungan sekolah antara lain adalah kebiasaan mengejek teman-temannya yang terkadang sebagai pemicu perekelahian. Bimbingan dan konseling berperan penting dalam mengatasi masalah empati, melalui salah satu teknik dalam bimbingan dan konseling yaitu teknik sosiodrama. Dalam hal ini teknik sosiodrama merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan empati siswa SMP.

Penelitian yang dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui keefektifan teknik sosiodrama untuk meningkatkan empati siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Penelitian ini dapat memberikan masukan bagi guru dan konselor mengenai salah satu layanan yang efektif untuk meningkatkan empati pada siswa.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pre experimental design dengan jenis One Group Pretest and Posttest design. Eksperimen yang dilaksanakan pada satu kelompok tanpa kelompok pembanding. Pelaksanaan rancangan penelitian ini dilakukan dengan cara memberikan perlakuan kepada sekelompok individu berupa skala empati, treatment berupa sosiodrama, dan posttest berupa skala empati. Subjek penelitian adalah siswa SMP Negeri 5 Malang kelas VII.1 yang memiliki empati rendah dan berjumlah 13 orang siswa. Data yang sudah terkumpul dianalisis dengan uji beda wilcoxon.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik sosiodrama efektif untuk meningkatkan empati siswa SMP. Hal ini ditunjukkan oleh peningkatan skor empati kelompok eksperimen setelah diberikan treatment dengan menghasilkan nilai wilcoxon sebesar (z = -3.182a ) dengan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) 0,001 pada derajat signifikan