SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

DISIPLIN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 4 MALANG

Deby Skopi

Abstrak


ABSTRAK

 

Skopi, Deby. 2012. Disiplin Belajar dan Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 4 Malang.Keefektifan. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs.H. Widada. (II) Dr. Hj. Muslihati S. Ag., M. Pd

 

Kata Kunci: Disiplin, Motivasi belajar

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah disiplin belajar dan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 4 Malang. Siswa yang disiplin dalam belajar dan memiliki motivasi belajar senantiasa bersungguh-sungguh dan berkonsentrasi dalam mengikuti pembelajaran di kelas, siswa datang ke sekolah tepat waktu dan selalu mentaati tata tertib di sekolah, apalagi di rumah siswa belajar teratur dan terarah, banyak siswa kurang memiliki disiplin belajar dan motivasi belajar dalam arti disiplin belajar dan motivasi belajar siswa masih rendah. Dalam penelitian ini siswa kelas 7 dipilih sebagai populasi penelitian dikarenakan siswa kelas 7 awal masuk di SMP merupakan pembentukan perilaku dibandingkan dengan kelas 8 dan kelas 9. Upaya peningkatan disiplin belajar motivasi belajar dapat dilakukan oleh pihak sekolah maupun oleh orang tua siswa, salah satu cara dapat dilakukan oleh pihak sekolah untuk meningkatkan disiplin belajar dan motivasi belajar siswa yaitu melalui kegiatan pembinaan siswa dengan memberikan layanan bimbingan belajar kepada siswa dengan memberikan tambahan pelajaran yang dapat dilakasanakan setelah jam pelajaran sekolah selesai, sedangkan orang tua dapat melakukan pengawasan terhadap kegiatan belajar siswa. Orang tua dan guru dapat melakukan pembinaan dengan jalan memberikan contoh teladan yang berupa sikap dan perbuatan yang baik kepada siswa.

Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah displin belajar siswa di SMP Negeri 4 Malang (2) Bagaimanakah motivasi belajar siswa di SMP Negeri 4 Malang .Tunjuan penelitian (1) Untuk mengetahui disiplin belajar siswa di SMP Negeri 4 Malang.(2) Untuk mengetahui motivasi belajar siswa di SMP Negeri 4 Malang.

Subyek penelitian 80 siswa, diambil dengan teknik propesional random sampiling dari populasi sasaran 314 siswa kelas 7 di SMP Negeri 4 Malang . Pengambilan data dilakukan dengan kuesioner unuk mengukur disiplin belajar dan motivasi belajar siswa.Untuk mendapatkan validitas dari perhitungan diperoleh dengan menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan untuk mendapatkan reliabilitas dari perhitungan diperoleh dengan menggunakan rumus alphan.

Hasil penelitian menunjukkan secara umum disiplin belajar dan motivasi belajar siswa termasuk kategori tinggi, dengan presentase.

Disarankan kepada: (1) Bagi Konselor disarankan untuk terus mempertahankan kinerja yang sudah baik. Selain itu disarankan agar selalu berkomunikasi dengan berbagai pihak, antara lain kepala sekolah, guru mata pelajaran, wali murid dan siswa untuk meningkatkan prestasi dalam membimbing siswa menuju sukses, (2) Diharapkan dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai referensi untuk mengembangkan penelitian tentang kedisiplinan dan motivasi belajar siswa menggunakan wilayah populasi yang berbeda dengan siswa SMPN 4 Malang. Selain itu, diharapkan agar lebih mengembangkan jumlah populasi sehingga hasil yang diperoleh akan lebih baik.