SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN PAKET PELATIHAN KESADARAN MENGHARGAI ORANG TUA UNTUK SISWA SMK NEGERI 5 MALANG

SANTI DWI LESTARI

Abstrak


ABSTRAK

 

Lestari, Santi Dwi. 2012. Pengembangan Paket Pelatihan Kesadaran dalam hal Menghargai Orang Tua pada Siswa SMK Negeri 5 Malang. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Elia Flurentin, M.Pd. (II) Dr. Nur Hidayah, M.Pd.

 

Kata Kunci: paket pelatihan, kesadaran menghargai, orang tua, siswa SMK

 

Setiap manusia memiliki kesadaran diri (self awareness). Kesadaran diri membuat seseorang dapat sepenuhnya menyadari perasaan dan emosi manusia. Begitu pula sikap menghargai kepada orang tua. Berdasarkan observasi dan wawancara saat Praktikum Bimbingan dan Konseling (PBK) di SMK Negeri 5 Malang, banyak permasalahan siswa yang berhubungan dengan orang tua terutama kesadaran siswa dalam memberikan penghargaan kepada orang tua.

Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan paket pelatihan kesadaran dalam hal menghargai orang tua yang memiliki ketepatan, kegunaan dan kemenarikan yang tinggi.

Dalam penyusunannya, paket pelatihan ini menggunakan model prosedural yang bersifat deskriptif yaitu menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Rancangan pengembangan ini diadaptasi dari strategi pengembangan yang dikemukakan oleh Borg and Gall yaitu : (1) Melakukan penilaian kebutuhan (need assessment), (2) Analisis data dan penetapan prioritas kebutuhan, (3) Merumuskan tujuan umum dan tujuan khusus paket pelatihan kesadaran menghargai orang tua, (4) Menyusun paket pelatihan kesadaran menghargai orang tua, (5) Penilaian produk oleh uji ahli dan calon pengguna produk, (6) Revisi produk dan (7) Produk akhir berupa paket pelatihan kesadaran menghargai orang tua. Sedangkan prosedur pelatihannya menggunakan bentuk pembelajaran terstruktur (Structure Learning Approach). Pembelajaran terstruktur ini memiliki beberapa tahapan, yaitu instruksi, pemberian model, bermain peran, refleksi dan pemberian tugas rumah (evaluasi).

Penelitian pengembangan ini menghasilkan panduan pelatihan kesadaran menghargai orang tua untuk konselor, panduan pelatihan kesadaran dalam hal menghargai orang tua untuk siswa, dan Compact Disc yang berisi video pelatihan dalam topik 3, topik 4, topik 6 serta power point materi dari masing-masing topik.

Agar paket pelatihan ini dapat digunakan oleh konselor, maka harus dilakukan uji kelompok kecil dan uji kelompok besar dengan memperhatikan aturan prosedur pengembangan. Bagi peneliti yang tertarik mengembangkan paket ini perlu dipersiapkan pedoman observasi dalam rangka maintenance (memelihara) untuk mengetahui terjadinya perubahan tindakan atas kesadaran menghargai orang tua setelah diberikan pelatihan.