SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

KEEFEKTIFAN TEKNIK SELF-MANAGEMENT (PENGELOLAAN DIRI) UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA SMK NEGERI 5 MALANG

Rendi Dhinar Pradhana

Abstrak


ABSTRAK

 

ABSTRAK: Percaya diri merupakan suatu perilaku yang melatarbelakangi kesuksesan siswa dalam sosialisasi dengan lingkungannya demi mengoptimalkan kemampuannya. Siswa yang mempunyai percaya diri yang cukup akan lebih cepat menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah dan mampu berinteraksi dengan siapapun yang berada di sekitarnya, sehingga mereka lebih mampu untuk memanfaatkan lingkungan sekitar untuk mengoptimalkan kemampuannya dalam belajar. Tujuan pelatihan ini adalah untuk mengetahui keefektifan pelatihan self-management untuk meningkatkan percaya diri siswa SMKN 5 Malang. Rancangan penelitian ini menggunakan eksperimen semu (quasi experiment design). Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMKN 5 Malang sebanyak 5 orang siswa sebagai kelompok eksperimen berdasarkan pengisian format penilaian yang memiliki nilai percaya diri rendah. Hasil dari penelitilan yang berupa data yang sudah dianalisis menggunakan statistik non parametrik two related samples test Wilcoxon memperoleh nilai Wilcoxon sebesar Wilcoxon sebesar (Z = -2.032a ) dan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0.042. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terjadi perbedaan tingkat yang signifikansi pada percaya diri siswa antara sebelum dan sesudah pelatihan self-management pada kelompok eksperimen. Hal ini dibuktikan dengan nilai probability error (P = 0.042 < 0.05), maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan kata lain, bahwa teknik self-management efektif untuk meningkatkan percaya diri siswa SMK.

Kata kunci: self-management, percaya diri, siswa SMK