SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

pengembangan media permainan simulasi untuk meningkatkan keterampilan kerjasama siswa SMP

Veraningtyas Sulistyawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Sulistyawati, Veraningtyas. 2012. Pengembangan Media Permainan Simulasi untuk Meningkatkan Keterampilan Kerjasama Siswa SMP. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.  Pembimbing: (1) Dr. Triyono, M.Pd. (2) Dr. M. Ramli, M.A.

 

Kata Kunci: pengembangan media, permainan simulasi, keterampilan kerjasama

 

Pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial sehingga bagi remaja merupakan sesuatu yang sangat penting untuk dapat diterima oleh lingkungannya. Masalah sosial menjadikan mereka sulit berinteraksi dan berkerjasama dengan teman sebayanya. Terkait dengan masalah kerjasama siswa, konselor mempunyai tugas untuk membimbing siswa supaya dapat berkerjasama secara positif. Salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh konselor adalah dengan bimbingan kelompok. Media yang dapat digunakan untuk kemudahan pemberian layanan bimbingan kelompok adalah media permainan simulasi berbentuk permainan monopoli.

Tujuan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan suatu media permainan simulasi berbentuk permainan monopoli yang dapat digunakan oleh konselor sebagai media untuk membantu meningkatkan keterampilan kerjasama siswa SMP yang memenuhi tujuan dari segi kegunaan, ketepatan, kejelasan, dan  kemenarikan.

Rancangan penelitian yang digunakan adalah adaptasi penelitian pengembangan model Borg dan Gall. Adapun langkah-langkah pengembangannya adalah (1) persiapan, pada tahap ini kegiatan yang dilakukan adalah analisis kebutuhan dan menentukan tujuan, (2) penyusunan produk, beberapa hal yang dilakukan pada tahap ini adalah menentukan materi sebagai isi media dan menentukan desain media, (3) validasi produk, pada tahap ini validasi dilakukan kepada ahli materi BK, ahli media pembelajaran dan uji calon pengguna produk (konselor), (4) penyusunan produk akhir,setelah mendapatkan penilaian dari ahli materi bimbingan dan konseling, ahli media pembelajaran, dan calon pengguna produk (konselor), peneliti melakukan penyempurnaan produk akhir sesuai dengan penilaian, saran, dan hal-hal yang perlu direvisi dari media permainan simulasi berbentuk permainan monopoli. Data yang diperoleh dari hasil penelitian dan pengembangan adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan angket untuk penilaian uji ahli dan calon pengguna produk. Hasil dianalisis menggunakan statistik deskriptif.

Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa media permainan simulasi berbentuk permainan monopoli untuk meningkatkan keterampilan kerjasama siswa SMP dapat diterima dari segi kegunaan, ketepatan, kejelasan, dan kemenarikan, dan dapat digunakan sebagai media bimbingan kelompok untuk meningkatkan keterampilan kerjasama siswa SMP.

Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan, maka saran yang dapat diberikan adalah (1) peneliti selanjutnya menguji keefektifan sampai ke subjek pengguna produk (siswa), (2) peneliti selanjutnya dapat mengembangkan media ini dengan rancangan penelitian eksperimen, dan (3) konselor hendaknya menggunakan media permainan simulasi berbentuk permainan monopoli untuk meningkatkan keterampilan kerjasama ini melalui tindakan bimbingan dan menyesuaikan dengan kondisi kelas.