SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Keefektifan Teknik Latihan Asertif untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas XI MAN Malang 1

TRI CAHYONO

Abstrak


ABSTRAK

 

Cahyono, Tri. 2012. Keefektifan Teknik Latihan Asertif untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas XI MAN Malang 1. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Lutfi Fauzan, M.Pd. (II) Drs. H. Widada, M.Si.

 

Kata Kunci : kepercayaan diri, latihan asertif, siswa MAN

 

Kepercayaan diri adalah suatu perasaan atau anggapan bahwa diri dalam keadaan baik sehingga memungkinkan seseorang tampil dan berperilaku untuk menunjukkan pada dunia luar bahwa dia yakin dengan dirinya (Lindenfield, 1997:4). Dengan adanya kepercayaan diri siswa mempunyai potensi untuk melakukan dan menyelesaikan persoalan-persoalan yang muncul. Sebaliknya tanpa mempunyai kepercayaan diri tinggi siswa akan terhambat optimalisasi potensi dan prestasinya sehingga akan sulit mencapai kedewasaan. Siswa yang memiliki kepercayaan diri rendah memerlukan perlakuan agar mereka mampu meningkatkan kepercayaan diri mereka. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan bantuan yang efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas XI MAN Malang 1. Salah satu caranya adalah dengan teknik latihan asertif.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas teknik latihan asertif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas XI MAN Malang 1. Rancangan penelitian ini menggunakan eksperimen semu (quasi experiment/pre ekperimental design) dengan desain Pre-test and Post-test Group. Subjek dipilih dengan teknik purposive sampling dengan menggunakan angket kepercayaan diri. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MAN Malang 1 sebanyak 8 siswa yang dipilih berdasarkan skor angket yang memiliki nilai kepercayaan diri yang rendah.

Analisis data menggunakan statistik inferensial non-parametrik, yaitu uji beda two related samples tests Wilcoxon untuk mengetahui perbedaan tingkat kepercayaan diri siswa sebelum dan sesudah pelaksanaan teknik latihan asertif. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai Wilcoxon sebesar (Z= -2.524a) pada post-test yang pertama dan sebesar (Z= -2.521a) pada post-test yang kedua, dan nilai probability error yang sama dari kedua post-test yakni kurang dari 0,05 (p=0.012