SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Efetivitas Healing Story dengan Menggunakan Media Film Pendek untuk Meningkatkan Kepedulian Sosial Beberapa Siswa MAN 1 Malang

AHMAD FAIZAL AMIR JAUHARI

Abstrak


ABSTRAK

 

Jauhari, Ahmad Faizal Amir. 2012. Efetivitas Healing Story dengan Menggunakan Media Film Pendek untuk Meningkatkan Kepedulian Sosial Beberapa Siswa MAN 1 Malang, Skripsi,     Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Blasius Boli Lasan, M.Pd, (2) Drs. H. Widada, M.Si.

 

Kata kunci: healing story, kepedulian sosial, film pendek

 

Semakin menurunnya rasa peduli terhadap sesama manusia akan menyebabkan banyak orang yang kurang mampu semakin menderita dan menjadikan hal itu sebagai pemicu terpuruknya moral bangsa. Kurangnya rasa peduli akan membuat individu cenderung lebih mementingkan diri sendiri tanpa pertimbangan kepentingan orang lain. Mengingat bahwa kodrat manusia merupakan makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri tanpa bantuan orang lain.

Oleh sebab itu kepedulian sosial sangat penting dimiliki oleh setiap individu. Kepedulian sosial pada siswa SMA adalah sikap peduli terhadap keadaan sekitar, baik itu keadaan teman, orang tua atau orang lain yang belum dikenal.

Healing story merupakan metode berupa pemberian cerita inspiratif yang dijadikan alat sebagai model dalam merubah sikap atau perilaku. Perkembangan teknologi memungkinkan penyampaian healing story dengan menggunakan media film. Salah satunya adalah film pendek yang dikaji sehingga muncul pandangan-pandangan dari siswa mengenai kepedulian sosial.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan healing story  dengan menggunakan film pendek untuk meningkatkan kepedulian sosial siswa SMA. Subyek penelitiannya adalah siswa SMA yang berjumlah 10 siswa.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian the one-group pretest-postest design. Pengumpulan data mengunakan teknik angket dengan menggunakan alat berupa skala kepedulian sosial siswa SMA yang diberikan pada awal (pretest) dan akhir (postest) perlakuan. Data yang sudah terkumpul dianalisis dengan menggunakan statistik non parametrik yaitu dengan menggunakan uji wilcoxon. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa healing story dengan menggunakan media film pendek efektif untuk meningkatkan kepedulian sosial siswa SMA. Hal ini dapat dilihat dari kenaikan skor postest di akhir pertemuan dan acara bakti sosial yang berjalan dengan lancar.

Beberapa saran yang perlu dipertimbangkan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) bagi konselor, konselor perlu memberikan jeda waktu antara perlakuan satu dengan perlakuan berikutnya agar hasil yang diperoleh sesuai dengan hasil perlakuan, dan mempersiapkan film pendek yang menggambarkan keadaan lingkungan yang sesuai dengan keadaan lingkungan siswa. (2) bagi peneliti selanjutnya, jika menggunakan metode healing story dengan menggunakan media film pendek harus lebih memperhatikan kualitas film dari treatment yang diberikan, dan sebelum melakukan penelitian, sebaiknya peneliti melakukan kegiatan need assessment terlebih dahulu mengenai kasus-kasus yang sering dijumpai pada siswa dalam kehidupan sehari-hari.