SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan antara konsep diri dan tugas perkembangan siswa di smp negeri 1 wajak

Nandasari Aulia

Abstrak


ABSTRAK 

 

Aulia, Nandasari. 2009. Hubungan Antara Konsep Diri dengan Tugas 

Perkembangan Siswa di SMP Negeri 1 Wajak. Skripsi, Jurusan Bimbingan 

Konseling dan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri 

Malang. Pembimbing (I) Drs. Djoko Budi Santoso, (II) Drs. Hariadi 

Kusuma. 

Kata Kunci: Konsep diri, Tugas Perkembangan. 

Remaja dapat dipandang sebagai suatu masa dimana individu telah 

mencapai kematangan dalam proses perkembangannya, terutama kematangan 

fisik. Bila ia menerima keadaan tubuhnya, maka hal ini akan berakibat positif 

terhadap konsep dirinya. Bila terdapat penyimpangan-penyimpangan timbullah 

masalah yang berhubungan dengan konsep diri dan sikap sosialnya. Jika remaja 

dapat memahami dan menerima sejumlah fakta yang ada pada dirinya, maka ia 

akan mengembangkan konsep diri positif (Wicklund and Frey, 1980). Calhoun 

(1995) menunjukkan bahwa orang-orang yang menghukum diri secara psikis 

karena berpenampilan kurang sempurna menyebabkan timbulnya konsep diri 

rendah. Lebih lanjut Monks dkk. (1992), mengatakan bahwa ”konsep diri (self 

concept) akan turun bila seseorang tidak dapat melaksanakan tugas-tugas 

perkembangan dengan baik”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran 

konsep diri siswa SMP Negeri 1 Wajak, pelaksanaan tugas perkembangan siswa 

SMP Negeri 1 Wajak, hubungan antara konsep diri dengan pelaksanaan tugas 

perkembangan siswa di SMP Negeri 1 Wajak. 

Rancangan yang digunakan dalam penelitian adalah rancangan deskriptif  

korelasional. Populasi penelitian adalah siswa siswa kelas VIII di SMPN 1 Wajak 

tahun ajaran 2009/2010. Teknik pengambilan sampel adalah teknik proportional 

random sampling dengan undian sehingga total sampel sebesar 98 siswa dari 

populasi sebesar 200 siswa. Pengambilan data dengan cara angket. Analisis data 

dengan menggunakan persentase dan product moment. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak (65,31%) siswa kelas VIII 

SMP Negeri 1 Wajak yang mempunyai konsep diri tinggi, cukup banyak (34,69 

%) siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Wajak yang mempunyai konsep diri yang 

cukup, dan sangat sedikit (0 %) siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Wajak yang 

mempunyai konsep diri yang rendah. Untuk hasil penelitian dalam tugas 

perkembangan menunjukkan bahwa banyak (63,27%) siswa kelas VIII SMP 

Negeri 1 Wajak yang melaksanakan tugas perkembangan sangat baik, cukup 

banyak (36,73 %) siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Wajak yang melaksanakan 

tugas perkembangan cukup baik, dan sangat sedikit (0 %) siswa kelas VIII SMP 

Negeri 1 Wajak yang melaksanakan tugas perkembangan kurang baik. Dari hasil 

analisis data diketahui bahwa nilai korelasi antara konsep diri siswa dengan tugas 

perkembangan sebesar 0,592 dan menunjukkan signifikasi pada level 0,05. Hal ini 

menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara konsep diri dengan  

tugas perkembangan. Semakin tinggi konsep diri seseorang maka semakin baik 

pula tugas-tugas perkembangannya.  

Berdasarkan penemuan di atas, saran ditujukan kepada Kepala Sekolah 

sebagai penentu kebijakan di sekolah, diharapkan dapat lebih meningkatkan 

kebijakan terhadap pelaksanaan dan penyediaan sarana layanan Bimbingan dan 

Konseling sekolah, memperhitungkan waktu yang tepat untuk memulai pendidikan

 sesuai perkembangan siswa. Dengan demikian siswa akan lebih berpeluang untuk melaksanakan 

tugas perkembangan dengan baik dan pengembangan konsep diri kearah yang diinginkan.

Konselor diharapkan memotivasi klien u8mtuk mengembangkan, memelihara, 

ataupun merubah konsep diri yang lebih tinggi. Sedangkan untuk peneliti selanjutnya yang akan 

melakukan penelitian serupa diharapkan dapat mengembangkan instrumen yang sesuai dengan 

perkembangan siswa, kemudian lokasi penelitiannya tidak hanya dalam satu sekolah saja tetapi 

bisa lebih luas lagi, yaitu dalam suatu lingkup tertentu misalnya: se- Kecamatan maupun se-Kabupaten/Kota, 

dan lain-lain