SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Materi Bimbingan Peningkatan Kepercayaan Diri melalui Permainan Ular Tangga untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP)

Silvia Dian Apriliana

Abstrak


ABSTRAK

 

Kepercayaan diri merupakan sesuatu hal yang sangat penting baik kita sebagai makhluk individu maupun sosial. Kurangnya kepercayaan diri merupakan suatu masalah yang harus diatasi guna tercapainya suatu tujuan tertentu. Terkait dengan masalah kepercayaan diri pada siswa, konselor mempunyai tugas untuk membimbing siswa agar lebih percaya diri, baik ketika tampil di depan kelas maupun percaya diri untuk bertanya. Salah satu upaya yang dapat dilakukan konselor yaitu dengan bimbingan kelompok. Bimbingan kelompok merupakan suatu pembelajaran yang menggunakan media ataupun tanpa media. Dalam bimbingan kelompok ini digunakan media beberan permainan ular tangga.

Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan materi bimbingan peningkatan kepercayaan diri melalui permainan ular tangga untuk siswa SMP/Sederajat yang dapat diterima secara teoritis maupun praktis yang dapat digunakan oleh konselor dalam membantu peserta didik untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa.

Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan Borg and Gall. Adapun prosedur pengembangan menggunakan enam pendekatan yaitu sebagai berikut: 1) pengumpulan informasi, 2) pengembangan produk awal, 3) uji validasi produk, 4) revisi produk utama, 5) uji lapangan utama, 6) penyusunan produk akhir. Instrumen pengumpulan data yang dipergunakan berupa kuesioner need assessment dan kuesioner uji ahli. Data dianalisis dengan teknik deskriptif. Subyek coba dalam penelitian ini adalah siswa SMP kelas VII.

Analisis hasil validasi menunjukkan bahwa pengembangan materi bimbingan peningkatan kepercayaan diri melalui permainan ular tangga ini berterima secara teoretis dan praktis. Berdasarkan penilaian ahli BK yang terdapat dalam media permainan ular tangga ditinjau dari aspek kegunaan, ketepatan, kejelasan, kemenarikan sudah sesuai dan layak untuk diterapkan dalam kegiatan layanan bimbingan. Penilaian ahli media berdasarkan aspek kegunaan, ketepatan, kejelasan, dan kemenarikan menunjukkan bahwa media permainan ular tangga sudah sesuai dan layak. Penilaian calon pengguna produk (konselor), media permainan ular tangga sudah sesuai dan layak ditinjau dari aspek kegunaan, ketepatan, kejelasan, dan kemenarikan. Hasil uji kelompok kecil menunjukkan bahwa kegiatan permainan ular tangga ini menarik serta menyenangkan bagi siswa, menambah wawasan, melatih peningkatan kepercayaan diri.

Berdasarkan hasil penelitian, maka saran yang dapat diberikan adalah:  1) konselor dapat menggunakan materi bimbingan peningkatan kepercayaan diri melalui permainan ular tangga untuk siswa SMP, dan 2) peneliti selanjutnya hendaknya menguji keefektivan materi bimbingan peningkatan kepercayaan diri melalui permainan ular tangga, sehingga diketahui efektivitasnya untuk siswa SMP.