SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

EFEKTIFITAS KLARIFIKASI NILAI UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN AKAN NILAI MENGHARGAI (RESPECT) SISWA SMP

VIBRINA RACHMA AWALIANA

Abstrak


ABSTRAK

 

Awaliana, Vibrina Rachma. 2012. Efektifitas Klarifikasi Nilai Untuk Meningkatkan Kesadaran Akan Nilai Menghargai (Respect) Siswa SMP. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Dany Moenindyah Handarini, M.A. (II) Yuliati Hotifah, S.Psi. M.Pd.

 

Kata kunci: klarifikasi nilai, kesadaran akan nilai menghargai.

 

Kesadaran akan nilai menghargai bisa diartikan sebagai pemahaman, kemauan, kesiagaan individu untuk melakukan hubungan yang menumbuhkan perikehidupan yang rukun, tertib dan damai. Adakalanya individu menginginkan persamaan sehingga menolak perbedaan. Akibatnya perbedaan tersebut memicu munculnya sikap tidak menghargai. Untuk memunculkan sikap menghargai maka digunakan teknik klarifikasi nilai. Melalui teknik ini, dapat meningkatkan kesadaran akan nilai menghargai, karena dalam penerapannya memiliki beberapa tahap meliputi memilih, menghargai, bertindak, dan refleksi sehingga dapat memperluas wawasan siswa mengenai perbedaan dan saling menghargai. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menguji efektifitas klarifikasi nilai untuk meningkatkan kesadaran akan nilai menghargai (respect) siswa SMP.

Klarifikasi nilai (values clarification) memberi penekanan pada usaha membantu siswa dalam mengkaji perasaan dan perbuatannya sendiri untuk meningkatkan kesadaran mereka tentang nilai-nilai mereka sendiri. Teknik klarifikasi nilai dimulai dari penyajian pola sejumlah cerita berupa contoh kasus yang mengandung konflik nilai dengan pancingan-pancingan pertanyaan, Subjek coba dilibatkan dalam suasana cerita dan didorong untuk menjelaskan perasaan dan nilai yang ada pada dirinya serta mengambil keputusan dan argumentasi yang kuat.

Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen one group pretestposttest design. Subjek penelitian berjumlah 11 siswa SMP yang memiliki skor terendah (kategori rendah dan sedang) dalam pretest skala kesadaran akan nilai menghargai. Pengumpulan data yang digunakan berupa skala kesadaran akan nilai menghargai (respect) siswa SMP yang diberikan pada awal dan akhir perlakuan, serta data kualitatif jawaban siswa. Data dikumpulkan melalui teknik observasi dengan menggunakan pedoman observasi. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa klarifikasi nilai dengan menggunakan contoh kasus efektif untuk meningkatkan kesadaran akan nilai menghargai siswa SMP. Hal ini dapat dilihat dari kenaikan skor pada posttest di akhir pertemuan.

Beberapa saran yang perlu dipertimbangkan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) dalam mengaplikasikan teknik ini, konselor harus menyesuaikan bacaan yang sesuai dengan usia kelompok eksperimen, contoh kasus yang diberikan lebih baik mengenai masalah yang sering dijumpai siswa dalam kehidupan sehari-hari, dan perlu menjelaskan mengenai gambaran contoh kasus. (2) saran pengembangan, untuk peneliti selanjutnya dapat menggunakan teknik dan media yang sama, akan tetapi menggunakan kelompok kontrol dan jenis penelitian time series. Sebelum melakukan penelitian hendaknya melakukan need assessment terlebih dahulu.