SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN SELF ESTEEM DENGAN PERILAKU AGRESI SISWA SMK SE-KECAMATAN BAURENO KABUPATEN BOJONEGORO

GATI MAHANENI

Abstrak


ABSTRAK

 

Mahaneni, Gati. 2012. Hubungan Antara Kecerdasan Emosional, dan Self Esteem dengan Perilaku Agresi Siswa Kelas XI SMK Se-Kecamatan Baureno Kabupaten Bojonegoro. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Henny Indreswari, M.Pd. (II) Dr Adi Atmoko, M.Si.

 

Kata kunci: Kercedasan Emosional, Self Esteem dan Perilaku Agresi

 

Fenomena perilaku agresi seperti perkelahian mulut di sekolah yang berlanjut perkelahian di jalanan terjadi pada siswa SMK di Kecamatan Baureno Kabupaten Bojonegoro. Meskipun hanya menimbulkan korban luka, namun hal tersebut seringkali terjadi dan menjadi pemicu perkelahian antara pelajar yang lebih besar. Teori memandang bahwa perilaku agresi dilakukan oleh siswa yang memiliki kecerdasan emosi dan self esteem yang rendah. Melalui penelitian ini akan dibuktikan apakah teori tersebut dapat menjadi wacana sebagai solusi mengatasi permasalahan di atas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara tingkat kecerdasan emosional dengan perilaku agresi siswa, dan ada tidaknya hubungan antara self esteem dengan perilaku agresi siswa.

Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa SMK di Kecamatan Baureno Kabupaten bojonegoro. Teknik sampling yang dignakan adalah cluster random sampling berjumlah 118 siswa. Instrumen yang digunakan adalah skala kecerdasan emosional, skala self esteem dan skala perilaku agresi yang dikembangkan menggunakan model penskalaan Likert.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan perilaku agresi dengan koefisien regresi sebesar -3,599 signifikansi 0,009, dan terdapat hubungan negatif yang signifikan antara self esteem dengan perilaku agresi dengan koefisien regresi -sebesar -3,312 signifikansi 0,001.

Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada konselor untuk meningkatkan dan memperbanyak rancangan program bimbingan konseling yang berhubungan dengan kecerdasan emosional, self esteem dan perilaku agresi dan menambah kerjasama dengan lembaga profesional di bidang tersebut. Melihat siswa kelas XI nantinya berpengaruh terhadap prestasi siswa dan hubungan sosial siswa dengan lingkungan sekitar.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ABSTRACT

 

Mahaneni, Gati. 2012. The correlation between emotional intelligence and self esteem with aggression attitude of vocational school students in Baureno sub district, Bojonegoro regency. Thesis, Study Program of Guidance and Counseling, Department of Guidance and Counseling, Faculty of Education Science, State University of Malang. Advisor: (I) Dra. Henny Indreswari, M.Pd. (II) Dr Adi Atmoko, M.Si.

 

Key words: emotional intelligence, Self Esteem and aggression attitude

 

The phenomenon of aggression attitude like mouth fighting at school and is continued physical fighting on the street occurs in vocational schools students in Baureno sub district Bojonegoro regency. Even though it is only arousing injury victims, but it is often occurs and being the trigger of fighting between more widely students in this area. The theory regards that aggression attitude conducted by students who have low emotional intelligence and self esteem. Through this study, it will be proved whether the theory can be the discourse as the solution on this problem. This study is aimed to know the presence or absence of correlation between emotional intelligence level with students’ aggression attitude, and the presence or absence of correlation between self esteem with vocational schools students’ aggression attitude in Baureno sub district Bojonegoro regency.

Design of this study is descriptive and correlational. Population of this study is vocational school students in Baureno sub district Bojonegoro regency. Sampling technique used here is cluster random sampling of 118 students. Instrument used here is emotional intelligence scale; self esteem scale and aggression attitude scale that is developed by using Likert scale model.

The result of this study shows that there is significant negative correlation between emotional intelligence with aggression attitude with coefficients regression of -3,599 significance 0,009 and there is significant negative correlation between self esteem and aggression attitude with coefficients regression of -3,312 significance 0,001.

Based on the result of this study, it is suggested that counselors, they are expected to arrange a guidance and counseling program in correlation with emotional intelligence, self esteem and aggression attitude and cooperate with professional institution in focus. By seeing the eleventh grade students in the future, it influence students’ achievement and social correlation with neighborhood.