SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

EFEKTIVITAS TEKNIK RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR DALAM KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN MENTAL JUARA ATLET CATUR JUNIOR

SISVIANA DEWI INDRAWATI

Abstrak


ABSTRAK

 

Indrawati,  Sisviana Dewi.  2012.  Efektivitas  Teknik  Rational  Emotive  Behavior dalam Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Mental Juara Atlet Catur Junior.  Skripsi.  Jurusan  Bimbingan  dan  Konseling,  Fakultas  Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Nur Hidayah, M.Pd, (II) Dr. Blasius Boli Lasan, M.Pd.

 

Kata kunci: teknik REB, konseling kelompok, mental juara

   

Penelitian  ini  dilatarbelakangi  oleh  beberapa  gejala  yang  menunjukkan rendahnya mental juara pada atlet catur junior ketika menghadapi suatu turnamen. Atlet  catur  junior  yang menghadapi  turnamen  seringkali merasa  cemas,  gugup, pesimis, dan panik. Keyakinan irasional  tersebut menyebabkan kinerjanya kurang maksimal.  Keyakinan  irasional  yang  dialami  oleh  atlet  catur  junior  berupa demandingness,  attribution  error,  dan  antiempirism.  Oleh  karena  itu  diberikan bantuan  berupa  teknik  REB  dalam  konseling  kelompok  untuk  mengubah keyakinan    irasional atlet catur  junior menjadi keyakinan rasional sehingga dapat meningkatkan mental juaranya.

Penelitian  ini  dilaksanakan  dengan  tujuan  untuk  mengetahui  efektivitas teknik  REB  dalam  konseling  kelompok  untuk  meningkatkan mental  juara  atlet catur  junior di Kota Pasuruan. Penelitian  ini menggunakan  rancangan penelitian pre-eksperimental  dengan  desain  penelitian  one  group  pre-test  and  post-test design.  Subjek  penelitian  adalah  atlet  catur  junior  Kota  Pasuruan  yang  dipilih berdasarkan  hasil  pengisian  angket  kematangan  mental  juara  atlet  catur  junior yang memiliki skor mental juara rendah.

Penelitian  ini menggunakan  teknik  analisis data  statistik  non-parametrik, menggunakan  uji  beda  two  related  samples  tests  Wilcoxon.  Uji  Wilcoxon  digunakan  untuk  mengetahui  perbedaan  tingkat  mental  juara  atlet  catur  junior sebelum  dan  sesudah  diberi  perlakuan  berupa  teknik  REB. Hasil  penelitian  ini menunjukkan  bahwa  teknik  REB  dalam  konseling  kelompok  efektif  untuk meningkatkan mental  juara  atlet  catur  junior  yang  dibuktikan  dengan  nilai  yang diperoleh  dari  uji  wilcoxon  sebesar  (Z=  -2.201a)  dengan  nilai  probabilitas (ρ=0.028 < 0.05).

Berdasarkan hasil penelitian diajukan beberapa  saran sebagai berikut:  (1) Konselor  hendaknya  dapat  menerapkan  teknik  REB  bukan  hanya  di  bidang akademik,  melainkan  di  bidang  non  akademik  misalnya  pada  kegiatan ekstrakurikuler siswa khususnya bidang olahraga,  (2) Konselor diharapkan dapat memberikan  bantuan  kepada  siswa  yang  berprestasi  di  bidang  olahraga  dengan menggunakan  teknik  REB  untuk  meningkatkan  mental  juara.  (3)  Peneliti selanjutnya dapat menggunakan pendekatan konseling kelompok yang lain seperti pendekatan  konseling  realita,  konseling  SFBC,  konseling  behavioral,  dan konseling  gestalt  dan  peneliti  selanjutnya  dapat  mengembangkan  penelitian eksperimen  ini dengan menggunakan desain penelitian yang  lain seperti one-shot case  study,  posttest  only  control  design,  pretest  control  group  design,  single subject experimental design dan sebagainya.