SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Keefektifan Permainan Simulasi untuk Meningkatkan Kesadaran Tanggung Jawab Siswa SMP

ANGGUN DIAN FITRIYAH

Abstrak


ABSTRAK

 

Fitriyah, Anggun Dian. 2012. Keefektifan Permainan Simulasi untuk Meningkatkan Kesadaran Tanggung Jawab Siswa. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Blasius Boli Lasan., M.Pd, (II) Dr. M. Ramli., M.A

 

Kata Kunci:  keefektifan, kesadaran tanggung jawab, permainan simulasi

 

Tanggung jawab adalah kewajiban untuk  bertindak sesuai dengan norma yang berlaku secara umum terhadap segala situasi dalam hal untuk memenuhi kebutuhannya  dengan cara tidak merugikan, merampas atau mengorbankan orang lain dalam memenuhi kebutuhannya tersebut, serta kemampuan memikul segala konsekuensi dari apa yang dilakukan. Pada kenyataannya masih banyak individu yang kurang memiliki kesadaran tanggung jawab, dalam hal ini adalah siswa SMP. Salah satu teknik yang dapat digunakan untuk meningkatkan kesadaran tanggung jawab adalah permainan simulasi.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui keefektifan permainan simulasi dalam meningkatkan kesadaran tanggung jawab siswa SMP. Permainan simulasi merupakan penggambaran berbagai kejadian atau fakta permasalahan dalam kehidupan yang dituangkan dalam lembar beberan yang dilengkapi pesan-pesan bimbingan  dan nantinya akan dimainkan oleh beberapa orang pemain dengan aturan permainan yang telah disepakati bersama.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pre-experimental design dengan bentuk Pre-test and Post-Test One Group Design. Rancangan pelaksanaan penelitiannya adalah pertama dengan memberikan pretest, kemudian melaksanakan treatment dan yang terakhir adalah pemberian posttest. Subjek penelitian sebanyak sebelas orang siswa yang memiliki klasifikasi skor skala kesadaran tanggung jawab rendah dan sedang. Instrument yang digunakan untuk pengumpulan data adalah angket kesadaran tanggung jawab. Data dianalisis dengan analisis statistik deskriptif dan analisis uji Wilcoxon Signed Rank Test (WSRT).

Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa teknik permaninan simulasi efektif untuk meningkatkan kesadaran tanggung jawab siswa SMP. Kesimpulan tersebut berdasarkan perbedaan skor pretest dan posttest yang menunjukkan adanya peningkatan setelah diberikan treatment, serta juga dapat dilihat dari hasil uji Wilcoxon Signed Rank Test (WSRT) yang membuktikan hipotesis penelitian diterima.

Beberapa saran yang perlu dipertimbangkan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) konselor hendaknya menggunakan permainan simulasi untuk meningkatkan kesadaran tanggung jawab siswa (2) peneliti selanjutnya  hendaknya menggunakan kelompok kontrol dengan teknik yang berbeda sebagai pembanding dari kelompok eksperimen.