SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

EFEKTIVITAS MAMACA UNTUK MENGEMBANGKAN KONTROL DIRI REMAJA SMAN 1 KALIANGET, SUMENEP

AGUS JUFRIYANZAH

Abstrak


ABSTRAK

 

Jufriyanzah, Agus. 2012. Efektifitas Mamaca Untuk Mengembangkan Kontrol Diri Remaja SMAN 1 Kalianget, Sumenep. Skripsi, Jurusan Bimbingan Dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Andi Mappiare A.T, M.Pd, (II) Dr. Triyono, M.Pd

 

Kata kunci: mamaca, kontrol diri, nilai moral

 

Kontrol diri merupakan kemampuan individu untuk menahan dorongan untuk bertingkah laku yang tidak sesuai dengan norma sosial. Lemahnya kontrol diri akan membawa dampak pada berbagai masalah kenakalan remajadan kemerosotan moral.Pentingnya kontrol diri bagi siswa, juga didasari oleh fenomena bahwa masa remaja seringkali dikenal sebagai masa pencarian jati diri.

Metode mamaca (Nurbhuwat Nabbhi) membantu siswa dalam mengkaji pikiran, perasaan dan perbuatannya sendiri dalam setiap tembang  dengan menelaah arti, maksud dan makna filosofi pesan cerita yang disampaikan, sehingga diharapkan dapat mengembangkan kontrol diri dan memperbaiki moral mereka. Pelaksanaan mamaca mengutamakan proses belajar menelaah pesan moral dari setiap cerita yang disampaikan dan akhirnya siswa dapat mengaplikasikan hasil telaah pesan moral tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal yang mencakup nilai moral yang terkandung dalam mamaca dan efektifitas penggunaan mamaca untuk mengembangkan kontrol diri siswa SMA. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMAN1 Kalianget, Sumenep yangberjumlah 12 siswa.

Metode penelitian ini menggunakan desain eksperimen one group pretest-posttest design. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa skala kontrol diri siswa SMA yang diberikan pada awal dan akhir perlakuan, serta pedoman wawancara kepada nara sumber (pemaca dan penerjemah). Data yang sudah terkumpul dianalisis dengan bantuan SPSS for windows versi 17 melalui statistik nonparametrik uji wilcoxon.

Berdasarkan hasil analisis dapat diperoleh bahwa dalam mamaca Sumenepterdapat berbagai macam tembang, diantaranya: (1) Kasmaran, (2) Durma, (3) Salanget, (4) Artate, (5) Pangkor, (6) Senom, dan (7) Lambang sari. Selain itu, juga diperoleh nilai moral yang terkandung di dalamnya adalah: (1) nilai ketauhidan, (2) kejujuran, dan (3) rendah hati. Hasil analisis dengan SPSS menunjukkan bahwa mamaca Sumenep efektif untuk mengembangkankontrol diri siswa SMA. Hal ini dapat dilihat dari perbedaan mean of rank (rata-rata skor)antara nilai pretest dan posttest.

Dalam pelaksanaan metode mamaca perlu diperhatikan pula beberapa hal seperti mempersiapkan narasi yang sesuai kondisi siswa, agar tidak terjadi kejenuhan dalam pelaksanaannya. Di samping itu, perlu diperhatikan faktor-faktor lain yang bisa mempengaruhi kontrol diri siswa. Diharapkan juga adanya kelompok kontrol dan metode untuk menjembatani antara mamaca (afektif) dengan kontrol diri (behavioral) yang lebih baik.