SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN PANDUAN SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PENGELOLAAN EMOSI SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 KEDIRI

RIZKHA PUSPITA DEWI

Abstrak


ABSTRAK

 

Dewi, Rizkha Puspita. 2012. Pengembangan Panduan Sosiodrama untuk meningkatkan Keterampilan Pengelolaan Emosi Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Kediri. Skripsi, Jurusan BKP, FIP Universitas Negeri Malang, Pembimbing (I) Dra. Ella Faridati Zen, M.Pd,  (II) Yuliati Hotifah, S.Psi, M.Pd.

 

Kata kunci : Keterampilan Pengelolaan Emosi, Panduan Sosiodrama, Siswa SMA NegeriI 1 Kediri

 

Masa remaja merupakan masa transisi atau peralihan dari masa anak-anak menuju masa dewasa. Selama masa transisi ini remaja mempunyai berbagai problematik yang dapat menimbulkan krisis identitas dan ketidakstabilan emosi. Karena itu remaja memerlukan layanan bimbingan dan konseling. untuk memberikan bimbingan pada siswa remaja diperlukan metode dan media. Salah satu teknik bimbingan dan konseling adalah sosiodrama. Untuk menerapkannya diperlukan panduan sosiodrama. Panduan sosiodrama untuk meningkatkan keterampilan pengelolaan emosi bagi siswa SMA merupakan panduan yang bertujuan atau berfungsi dalam kegiatan pencegahan.

Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan panduan sosiodrama untuk meningkatkan keterampilan pengelolaan emosi siswa SMA Negeri 1 Kediri yang dapat diterima secara teoritis dan praktis.Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall 2003. Langkah-langkah dari Borg and Gall yang dikembangkan peneliti dalam penelitian ini meliputi enam langkah, yaitu menentukan potensi dan masalah penelitian, mengumpulkan informasi, mendesain produk, validasi rancangan produk, perbaikan atau revisi produk I dan II,  dan produk akhir. Analisis data kuantitatif menggunakan analisis statistik deskriptif dan data kualitatif disimpulkan apa adanya.

Berdasarkan hasil analisis data kuantitatif berupa statistif deskriptif yaitu format penilaian dan data kualitatif yaitu berupa saran atau pendapat dari uji ahli bimbingan dan konseling, uji ahli drama, dan uji calon pengguna produk (konselor), dapat disimpulkan bahwa panduan sosiodrama untuk meningkatkan keterampilan pengelolaan emosi ini bermanfaat bagi siswa SMA Negeri 1 Kediri dalam pemberian layanan BK secara optimal dengan memiliki keberterimaan sangat berguna, sangat mudah, sangat menarik, dan sangat akurat secara teoritis.

Saran bagi konselor juga dapat mengaplikasikan model sosiodrama ini secara efektif, dan peneliti selanjutnya dapat Melakukan uji kelompok kecil atau uji lapangan yang lebih luas serta pengkajian untuk mengetahui keefektifan panduan sosiodrama untuk meningkatkan keterampilan pengelolaan emosi guna diperoleh hasil yang lebih akurat.