SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

EFEKTIVITAS TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA SMP (KETERAMPILAN MEMECAHKAN MASALAH HUBUNGAN ANTARPRIBADI)

YUSTINA PARIANTI

Abstrak


ABSTRAK

 

Parianti,  Yustina.  2012.  Efektivitas  Teknik  Sosiodrama  terhadap  Peningkatan Keterampilan  Sosial  Siswa  SMP  (Keterampilan  Memecahkan  Masalah Hubungan  Antarpribadi).  Skripsi,  Jurusan  Bimbingan  dan  Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. M. Ramli, M.A, (II) Drs. Lutfi Fauzan, M.Pd.

 

Kata Kunci: sosiodrama, keterampilan sosial, siswa SMP

 

Keterampilan  sosial  merupakan  kemampuan  individu  untuk  berinteraksi dengan orang lain. Individu yang memiliki keterampilan sosial akan secara mudah menyesuaikan  diri  dengan  orang  lain  dan  lingkungannya.  Individu  yang  tidak memiliki keterampilan  sosial  akan  sering merasa  tidak nyaman  saat berinteraksi dengan  orang  lain.  Oleh  karena  itu  agar  siswa  dapat  memenuhi  kewajiban belajarnya dengan optimal maka diperlukan suatu keterampilan sosial. Dalam hal ini  teknik  sosiodrama  merupakan  salah  satu  upaya  untuk  meningkatkan keterampilan sosial siswa.

Tujuan  dari  penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui  efektivitas  teknik sosiodrama  terhadap  peningkatan  keterampilan  sosial  siswa  SMP.  Rancangan penelitian  ini menggunakan eksperimen  semu  (quasi experiment design). Subjek penelitian  adalah  siswa  kelas  VII  SMP  Negeri  1  Gandusari  Kabupaten  Blitar sebanyak 8 orang  siswa  sebagai kelompok  eksperimen  yang dipilih berdasarkan skor pengisian  angket  yang  termasuk dalam kategori  rendah. Analisis data  yang digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  statistik  inferensial  non-parametrik,  yaitu uji  beda  two  related  samples  tests  Wilcoxon.  Analisis  ini  dilakukan  untuk mengetahui  perbedaan  tingkat  keterampilan  sosial  siswa  sebelum  dan  sesudah diberikan materi dengan teknik sosiodrama pada kelompok eksperimen.

Hasil  penelitian  ini  menunjukkan  bahwa  teknik  sosiodrama  efektif  untuk meningkatkan  keterampilan  sosial  siswa  kelas  VII  SMP  Negeri  1  Gandusari Kabupaten Blitar. Hal  ini ditunjukkan oleh peningkatan  skor keterampilan  sosial kelompok  eksperimen  setelah  diberikan  perlakuan  atau  treatment  dengan menghasilkan nilai Wilcoxon  sebesar  (z =  -2.527a ) dengan nilai Asymp.  Sig.  (2-tailed)  sebesar  0.012,  sehingga  diperoleh  nilai  probability  error  (p  =  0.012