SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN EMPATI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

BAYU MAHENDRA

Abstrak


ABSTRAK

 

Mahendra, Bayu. 2012. Efektivitas Bimbingan Kelompok Sebaya Untuk Meningkatkan Empati Siswa Sekolah Menengah Pertama. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. M. Ramli, M.A. (II) Dr. Blasius Boli Lasan, M.Pd.

 

Kata Kunci: bimbingan, kelompok sebaya, empati

 

Era globalisasi dan teknologi yang canggih membuat siswa terlena dan menjadikannya makhluk individualis. Hal ini dapat mengakibatkan berkurangnya kemampuan berempati dalam diri siswa. Dalam kehidupan sehari-hari remaja lebih banyak menghabiskan waktu dengan kelompok teman sebaya dibanding orang tua.

Kelompok teman sebaya dapat dijadikannya sebagai sumber gagasan, nilai, persahabatan, dan hiburan. Sehingga pada masa remaja peran kelompok teman sebaya adalah besar. Memperhatikan pentingnya peran teman sebaya, pengembangan lingkungan teman sebaya yang positif merupakan cara efektif yang dapat ditempuh untuk mendukung perkembangan remaja. Penelitian yang dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui keefektifan bimbingan kelompok sebaya dalam meningkatkan empati siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pra-eksperimen one group pretest dan posttest design. Pelaksanaan rancangan penelitian ini dilakukan dengan cara memberikan perlakuan kepada sekelompok individu melalui pemberian pretest berupa skala empati, treatment berupa bimbingan kelompok sebaya, dan posttest berupa skala empati. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Laboratorium UM kelas VIII B yang berjumlah 8 siswa. Data yang terkumpul dianalisis dengan uji beda wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) skor posttest empati kelompok eksperimen lebih besar secara signifikan dari skor pretest empatinya. Hal ini berarti ada peningkakan skor empati setelah diberikan bimbingan kelompok sebaya.

Hasil analisis menunjukkan nilai beda (z) -2,527 dan Asymp. Sig. (2-tailed) 0,012 pada derajat signifikan