SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Paket Pelatihan Konseling Sebaya untuk Siswa SMK Negeri 1 Tanjunganom-Nganjuk

NURUL KURNIASARI

Abstrak


ABSTRAK

 

Kurniasari, Nurul. 2012. Pengembangan Paket Pelatihan Konseling Sebaya untuk Siswa SMK Negeri 1 Tanjunganom-Nganjuk. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Ella Faridati Zen, M. Pd,  (II) Dr. M. Ramli, M.A.

 

Kata Kunci: paket pelatihan, konseling sebaya, SMK 

 

Siswa SMK yang dalam perkembangannya berada pada masa remaja, sering mengalami masalah yang mencakup masalah pribadi, sosial, belajar, dan karir. Dalam memecahkan masalahnya, remaja membutuhkan orang atau pihak lain unyuk membantunya. Salah satu layanan bantuan yang ada di sekolah adalah layanan konseling. Akan tetapi terbatasnya jumlah konselor dan banyaknya siswa menyebabkan layanan konseling tidak tersentuh oleh siswa hanya segelintir siswa yang mengunjungi ruang BK. Disamping itu banyak siswa yang enggan datang untuk konseling dengan konselor sekolah dan  siswa lebih senang menceritakan isi hatinya kepada teman dan sahabatnya siswa merasa orang dewasa tidak bisa memahami masalah yang dialami sehingga kebanyakan siswa menceritakan isi hatinya pada teman karena merasa lebih bisa memahami. Melihat hal itu semua maka perlu adanya pelatihan konseling sebaya. Tujuannya untuk membantu memecahkan masalah konseli sebaya.

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan paket pelatihan konseling sebaya untuk siswa SMK sebagai sarana yang dapat digunakan oleh konselor untuk memberi pelatihan ke pada calon konselor sebaya yang dapat diterima dari segi ketepatan, kegunaan, dan kemenarikan.

Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan. Data uji coba dalam penelitian ini adalah data deskriptif kualilatif dan data kuantitatif. Subjek uji ahli terdiri dari tiga orang yaitu dosen Bimbingan dan Konseling, ahli media dan calon pengguna produk (konselor) SMK Negeri 1 Tanjunganom- Nganjuk. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif untuk skor total  uji ahli materi sebesar 29 termasuk kategori cukup berguna, 42 termasuk kategori cukup berguna, dan 24 termasuk kategori cukup menarik, sedangkan menurut uji ahli media skor total untuk aspek kegunaan sebesar  28 termasuk kategori sangat berguna, aspek ketepatan sebesar 42 termasuk kategori sangat berguna, 24 termasuk kategori sangat menarik.

Berdasarkan hasil analisis data kuantitatif dan data kualitatif menunjukkan bahwa paket pelatihan konseling sebaya untuk siswa SMK Negeri 1 Tanjunganom- Nganjuk memiliki keberterimaan dari segi ketepatan, kegunaan, dan kemenarikan.

Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan diperoleh saran sebagai berikut: (1) konselor hendaknya membantu memberikan pemahaman kepada siswa sambil memberikan pelatihan, (2) peneliti selanjutnya menguji keefektifan paket pelatihan konseling sebaya  menggunakan metode eksperimen dengan kelompok kontrol.