SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN ANTARA TINGKAT KEPERCAYAAN DIRI DAN PENERIMAAN DIRI DENGAN KETERAMPILAN KOMUNIUKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS XI SMK NEGERI SE-KOTA PAMEKASAN

MAULIDIR RASULY

Abstrak


ABSTRAK

 

Rasuly, Maulidir. 2011. Hubungan antara Tingkat Kepercayaan Diri dan Penerimaan Diri dengan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas XI SMK Negeri Se-Kota Pamekasan.Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Lutfi Fauzan, M.Pd (2) Dr. Triyono, M.Pd.

 

Kata Kunci : kepercayaan diri, penerimaan diri, komunikasi interpersonal

 

Perasaan rendah diri yang dirasakan oleh siswa dapat mengakibatkan percaya dirinya kurang sehingga secara tidak langsung juga akan berpengaruh dalam melakukan komunikasi. Seharusnya, siswa SMK Negeri di Kota Pamekasan memiliki keterampilan komunikasi interpersonal yang memudahkan mereka dalam bersosialisasi. Namun tidak semua siswa memiliki keterampilan komunikasi yang memadai sehingga mengalami kesulitan dalam mengungkapkan perasaan, gagasan atau pikirannya kepada teman atau guru, baik ketika proses belajar mengajar di kelas maupun dalam kegiatan-kegiatan di luar kelas.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) deskripsi kepercayaan diri, (2) deskripsi penerimaan diri, (3) deskripsi keterampilan komunikasi interpersonal siswa SMK Negeri se-Kota pamekasan, (4) hubungan secara parsial antara kepercayaan diri dan penerimaan diri dengan keterampilan komunikasi interpersonal SMK Negeri se-Kota pamekasan, (5) hubungan secara simultan antara kepercayaan diri dan penerimaan diri dengan keterampilan komunikasi interpersonal SMK Negeri se-Kota pamekasan, dan (6) sumbangan efektif kepercayaan diri dan penerimanan diri terhadap keterampilan komunikasi interpersonal.

Rancangan penelitian ini adalah deskriptif koresional. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMK Negeri se-Kota Pamekasan sebanyak 877. Sampel penelitian sebanyak 88 siswa ditentukan dengan teknik proporsional random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu skala kepercayaan diri, skala penerimaan diri dan skala keterampilan komunikasi interpersonal dengan jawaban berskala.

Teknik analisis yang digunakan analisis statistik deskriptif infrensial. Teknik analisis data inferensial penelitian dimaksudkan untuk mengetahui apakah variabel bebas dan variabel terikat mempunyai hubungan kausal atau korelasi, adalah analisis regresi linier berganda.

Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) cukup banyak siswa yang memiliki tingkat kepercayaan diri tinggi, (2) cukup banyak siswa yang memiliki tingkat penerimaan diri sedang, (3) cukup banyak siswa yang memiliki tingkat keterampilan komunikasi interpersonal sedang, (4) ada hubungan yang signifikan secara parsial antara tingkat kepercayaan diri dan penerimaan diri dengan keterampilan komunikasi interpersonal, (5) ada hubungan yang signifikan secara simultan antara tingkat kepercayaan diri dan penerimaan diri dengan keterampilan komunikasi interpersonal, (6) penerimaan diri memberikan sumbangan efektif paling dominan terhadap keterampilan komunikasi interpersonal (43,5328%).

Berdasarkan kesimpulan di atas, maka (1) disarankan kepada konselor agar memberikan layanan bimbingan pribadi dan sosial yang berkaitan dengan kepercayaan diri, penerimaan diri dan keterampilan komunikasi interpersonal, (2) di samping sebagai pendidik diharapkan juga bisa memberikan motivasi-motivasi agar rasa percaya diri yg siswa yang tinggi tetap terjaga dan untuk penerimaan diri siswa yang masih sedang agar lebih ditingkatkan lagi sehingga siswa dapat melakukan komunikasi dengan baik dalam kelas maupun diluar kelas, dalam lingkungan sekolah maupun diluar sekolah, (3) disarankan kepada peneliti selanjutnya agar mengadakan penelitian pada subyek yang lebih luas lagi sehingga dapat melengkapi penelitian sebelumnya yang juga mengetengahkan masalah kepercayaan diri, penerimaan diri dan keterampilan komunikasi interpersonal siswa.