SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perbedaan Empati antara Mahasiswa Kependidikan dan Mahasiswa Nonkependidikan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang

NONI LUTFIASARI

Abstrak


ABSTRAK

 

Lutfiasari, Noni. 2010. Perbedaan Empati antara Mahasiswa Kependidikan dan Mahasiswa Nonkependidikan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Adi Atmoko, M.Si., (II) Ninik Setiyowati, S. Psi., M.Psi.

 

Kata Kunci: empati, mahasiswa kependidikan, mahasiswa non kependidikan

 

Setiap individu di dunia ini memiliki empati yang berbeda-beda. Perbedaan kurikulum pendidikan juga dapat membuat perbedaan empati antar individu. Mahasiswa kependidikan dan mahasiswa nonkependidikan mendapatkan kurikulum pendidikan yang berbeda. Tujuan penelitian untuk mengetahui (1) tingkatan empati mahasiswa kependidikan; (2) tingkatan empati mahasiswa nonkependidikan; (3) perbedaan empati antara mahasiswa kependidikan dan mahasiswa non kependidikan FMIPA UM.

Penelitian ini dilaksanakan dengan rancangan deskriptif dan komparatif. Populasi penelitian adalah mahasiswa kependidikan dan mahasiswa nonkependidikan FMIPA UM. Pengambilan sampel menggunakan teknik Stratified Cluster Random Sampling dan jumlah sampel sebanyak 120 mahasiswa.  Alat pengumpul data berupa skala empati yang dikembangkan berdasarkan teori dari Baron dan Byrne dengan validitas berkisar (rxy) = 0,344 sampai 0,869 dan reliabilitas 0,959.

Hasil penelitian menunjukkan (1) empati mahasiswa kependidikan tergolong tinggi yaitu sebesar 71,7% dan Mean sebesar 115,85 yang tergolong tinggi; (2) empati mahasiswa nonkependidikan tergolong tinggi yaitu sebanyak 65% dan Mean sebesar 107,817 yang tergolong tinggi; (3) ada perbedaan empati yang signifikan antara mahasiswa kependidikan dan mahasiswa nonkependidikan FMIPA UM  (t= 3,323; p=0,001