SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Model Pengelolaan Analisis Data Need Asessment Berbasis Software

Nur Wulan Agustina

Abstrak


ABSTRAK

 

Agustina, Nur Wulan. 2012. Pengembangan Model Pengelolaan Analisis Data Need Asessment Berbasis Software. Skripsi, Jurusan  Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Lutfi Fauzan, M.Pd (II) Drs. H. Widada, M.Si

 

Kata Kunci: Pengembangan, Pengelolaaan, Analisis data, Need Asessment, Software.

 

Pelaksanaan asessment di sekolah disamping memerlukan penguasaan petunjuk dan sintesis juga sangat menyita waktu dan tenaga konselor. Oleh karena itu, dimungkinkan untuk menggunakan komputer sebagai alat bantu assessment untuk memperlancar kegiatan assessment tersebut.

Tujuan dikembangkan pengembangan model pengelolahan analisis data dalam bentuk software sehingga siswa lebih mudah mengerjakan inventori need assessment dan konselor lebih mudah menganalisis hasil dari inventori need assessment siswa.

Penelitian dilalukan di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang, rancangan yang digunakan adalah rancangan model pengembangan dari Brog dan Gall (1983). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 32 siswa kelas XI IPA 1, 30 siswa kelas XI IPA 2, 32 siswa kelas XI IPA 3. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan dua tahap, yaitu tahap uji lapangan awal dan tahap uji lapangan utama. Uji lapangan awal dilakukan kepada ahli Bimbingan dan Konseling, ahli media, konselor dan sekelompok siswa. Uji lapangan utama dilakukan kepada sekelompok siswa SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang kelas XI IPA 1, XI IPA 2 dan XI IPA 3.

Berdasarkan hasil uji lapangan awal didapatkan 81 butir pernyataan karena ada beberapa pernyataan yang masih memiliki lebih dari satu ide dalam satu pernyataan, maka dijabarkan lagi sehingga menjadi 87 butir pernyataan.

Dengan adanya model pengembangan pengelolaan analisis data need assessment berbasis software ini, disarankan agar konselor dapat memanfaatkan pengelolaan analisis data need assessment berbasis software untuk pemetaan kebutuhan siswa, sehingga dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja konselor.