SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Keefektifan Paket Bimbingan Keterampilan Sosial untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa SMK

Riza Roiyantri

Abstrak


ABSTRAK

 

Roiyantri, Riza. 2012. Keefektifan Paket Bimbingan Keterampilan Sosial untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa SMK. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Lutfi Fauzan M.Pd. (II) Dra. Ella Faridati Zen M.Pd.

 

Kata Kunci: media bimbingan, paket bimbingan, keterampilan social

 

Keterampilan sosial merupakan suatu kemampuan yang harus dimiliki seseorang dalam proses interaksi sosial  agar tercipta komunikasi yang efektif. Namun pada kenyataannya banyak remaja yang kurang memiliki kemampuan keterampilan sosial sehingga tidak terkomunikasinya keinginan remaja kepada orang lain. Hal ini dapat mengakibatkan konflik pada remaja sehingga tugas-tugas perkembangannya tidak dapat dilakukan dengan baik. Salah satu cara untuk meningkatkan keterampilan sosial adalah melalui bimbingan dengan menggunakan Paket Bimbingan Keterampilan Sosial bagi Siswa SMK. Paket ini berisi tentang topik-topik perilaku keterampilan sosial, yaitu membuka diri, mengungkapkan perasaan secara verbal dan non verbal, mendengarkan dan menanggapi, mengungkapkan pendapat, dan mempresentasikan diri. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan Paket Bimbingan Keterampilan Sosial bagi Siswa SMK untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa SMK.

Rancangan penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain eksperimen pretest posttest control group. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 52 siswa dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data tingkat keterampilan sosial siswa diperoleh dari subjek penelitian melalui angket keterampilan sosial yang telah diuji validitas dan diuji reliabilitas. Setelah melaksanakan pre test, kelas eksperimen diberikan treatment melalui layanan bimbingan dengan menggunakan Paket Bimbingan Keterampilan Sosial bagi Siswa SMK, sedangkan kelas kontrol tidak diberikan treatment. Setelah  treatment berakhir, kelas eksperimen dan kelas kontrol diberikan post test.

Hasil penelitian pada kelas eksperimen menunjukkan adanya peningkatan skor rata-rata pre test ke post test yaitu dari 58,5769 menjadi 59,2308. Sedangkan skor rata-rata kelas kontrol mengalami penurunan, yaitu skor pre test kelas kontrol 58,0769 dan skor  post test 56,2692 . T test dari rata-rata  post test antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol menunjukkan hasil nilai thitung 2,200 dengan nilai signifikansi 0,033. Angka signifikansi 0,033 berarti lebih kecil dari 0,05. Hal ini dapat dikatakan bahwa adanya perbedaan tingkat keterampilan sosial antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Namun perbedaan tingkat keterampilan sosial tersebut bersifat semu karena  adanya penurunan skor rata-rata  post test kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Paket Bimbingan Ketertampilan Sosial bagi Siswa SMK masih diragukan keefektifannya untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas X Jasa Boga B SMK Negeri 2 Trenggalek.

Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti memberikan saran kepada konselor bahwa jika menggunakan Paket Bimbingan Keterampilan Sosial bagi Siswa SMK sebagai media saat melaksanakan layanan bimbingan sosial hendaknya menambah dengan latihan-latihan perilaku keterampilan sosial. Sedangkan untuk peneliti selanjutnya ada baiknya jika dilaksanakan penelitian ulang dengan  treatment yang lebih terkontrol dalam pelaksanaan dan pengendalian variabel-variabel lain yang tidak diteliti. Jika menggunakan produk pengembangan dari orang lain yang dijadikan sebagai instrumen, perlu diuji konten dan validitas reliabilitasnya. Dari hasil penelitian siswa kelas kontrol mengalami penurunan tingkat keterampilan sosial, untuk itu perlu dilakukan penelitian tentang penyebab penurunan tingkat keterampilan sosial dan perlu dilakukan penelitian ulang dengan kelompok kontrol yang lebih tepat.