SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN PANDUAN BIMBINGAN PENINGKATAN DAYA PIKIR ANAK TK DENGAN TEKNIK PERMAINAN KELOMPOK

Tria Meirina

Abstrak


ABSTRAK

 

Meirina, Tria. Pengembangan Panduan Bimbingan Peningkatan Daya Pikir Anak TK dengan Teknik Permainan Kelompok. Skripsi. Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Lutfi Fauzan, M.Pd, (II) Dr. Nur Hidayah, M.Pd

 

Kata Kunci: Panduan  Bimbingan, Daya Pikir, Anak TK, Permainan Kelompok

 

Bimbingan di TK bertujuan membantu individu agar dapat mencapai perkembangan yang optimal dan dapat memahami sesuatu yang dipelajarinya. Anak TK diharapkan terampil dalam berpikir, dan memiliki kepekaan terhadap pengaruh dari luar. Dalam prosesnya, anak belajar dari lingkungan dan alam sekitarnya, dengan tujuan memperoleh pengetahuan yang baru atau situasi yang belum dikenalnya. Guru diharapkan dapat menggunakan panduan bimbingan ini dalam membantu anak agar memahami mengapa hari, bulan, dan tahun harus berganti, mengenal warna-warna dalam angka-angka tanggal, mengenal konsep bilangan secara sederhana, mengenal konsep waktu yang sederhana (sekarang, besok, lusa, dua hari lagi dan lain-lain) melalui permainan. Dengan bermain, anak diajak untuk bereksplorasi, menemukan, dan memanfaatkan objek-objek yang dekat dengan anak, sehingga akan membantu mengembangkan daya pikir anak dalam hal berhitung dan pemahaman konsep waktu. Sesuai latar belakang tersebut, maka tujuan  pengembangan dalam penelitian ini adalah menghasilkan panduan bimbingan dengan teknik permainan kelompok untuk meningkatkan daya pikir anak serta untuk mengetahui kegunaan (utility), keterlaksanaan (visibility), kejelasan, kemenarikan, dan ketepatan (accuracy).

Rancangan penelitian adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan langkah-langkah dari Dick and Carey (1990). Langkah-langkah dari Dick and Carey yang digunakan penulis dalam penelitian ini meliputi tahap pra-pengembangan, pengembangan, tahap evaluasi dan revisi. Panduan ini telah dinilai oleh 1 orang ahli dan seorang calon pengguna produk. Ahli juga memberi masukan untuk menyesuaikan judul, tujuan umum dan evaluasi.

Hasil uji coba menunjukkan masih perlu penyempurnaan pada bagian pendahuluan terutama tujuan khusus dan petunjuk khusus. Pada bagian materi bimbingan yang perlu disempurnakan adalah tahapan prosedur pelaksanaan permainan  pada penggalan 1 sampai dengan penggalan 3 disusun mulai persiapan, pelaksanaan, penutup, dan evaluasi dalam permainan.

Berdasarkan hasil penelitian, ada beberapa saran yang diberikan oleh peneliti untuk pemanfaatan buku panduan, yaitu: (1) Untuk peneliti selanjutnya, perlu melakukan penelitian lebih lanjut sampai pada uji kelompok kecil dan uji lapangan agar validitas panduan ini dapat lebih baik mengingat penelitian ini hanya sampai pada uji ahli, (2) Kegiatan bermain tidak terjadi dengan sendirinya oleh karena itu selain memberikan permainan kepada anak, guru juga disarankan untuk memiliki kemampuan dalam memahami teknik-teknik bermain dan mengembangkannya.